Mengenal Wolfram|Alpha

Persaingan di dunia mesin pencari (search engine) sudah tidak terbendung lagi antara Google, Bing (buatan Microsoft) dan Yahoo. Dan sekarang muncul mesin pencari baru (meski sudah di rilis sejak sekitar setahun yang lalu) yaitu Wolfram Alpha.

Sebenarnya WolframAlpha tidak begitu tepat kalo di sebut sebagai mesin pencari, tepatnya adalah ask engine alias mesin tanya, kalo Wolfram Alpha sendiri menyebut dirinya knowledge egine. Karena hasil dari WolframAlpha bukanlah sederetan URL seperti yang kita lihat di search engine pada umumnya tetapi tepatnya adalah jawaban dari sederetan kata yang kita ketik di input box nya.

Seperti kalo kita ketik indonesia president, maka hasilnya seperti ini:

Hasil for indonesia president

Bisa juga kita mengetahui detail dari dua kota termasuk jaraknya. Misal saya ketik Yogyakarta Madiun, hasilnya seperti ini:

Hasil untuk Yogyakarta Madiun

Atau juga kita ingin mengetahui tentang molekul dari senyawa tertentu, misalnya H2O. Hasilnya anda bisa coba sendiri dan lihat betapa mengagumkannya hasil carinya.

Tentu jika kita menggabungkannya dengan Wikipedia, maka akan melengkapi dari proses pencarian kita. Dan hebatnya lagi, Wolfram Alpha memperbolehkan kita untuk menjadikan hasil carinya menjadi PDF file atau bisa kita lihat dengan aplikasi dari Wolfram Alpha sendiri yaitu Mathematica Live. Untuk melakukan itu kita dapat klik di bagian bawah hasil cari.

Download as

Dengan adanya Wolfram Alpha ini saya sangat terbantu jika ingin mengetahui sesuatu dengan cepat dan tepat.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

3 Komentar

Seorang Blogger  on August 3rd, 2009

bapak guru rajin menulis.. 😀
kalah aku ne.. tapi tar kalo aku yang jadi guru tak saingin lho pak.
.-= Seorang Blogger´s last blog ..PIN Google Adsense akhirnya Sampai Juga =-.

Bart. Edi  on August 3rd, 2009

@Seorang Blogger: Hehehe ngga koq, kalo ada waktu sela baru saya nulis kalo pas sibuk ya… belakangan 😀

Mesin Pencari Bing | Edi Susanto dot Com  on August 4th, 2009

[…] pencari memang baru ketat akhir-akhir ini. Setelah memplokamirkan diri sebagai ask engine yaitu Wolfram Alfa, Microsoft tidak mau ketinggalan dengan meluncurkan mesin pencarinya yang baru yaitu Bing. Selama […]

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge