Mengenal SQL

Saya sangat suka dengan bahasa yang satu ini. SQL adalah singkatan dari Structured Query Languange. Versi pertama dari SQL ini dikembangkan oleh IBM di awal tahun 1970 yang diberi nama System R. System R ini dibuat berdasarkan paper milik Edgar. F. Codd. Pertama kali mereka memberikan nama terhadap project itu SEQUEL (Structured English Query Language), bahasa ini diciptakan untuk mengatur System R. Sampai sekarang pun SQL dalam cara pelafalannya disebut dengan “sequel”.

Nah udah ah tentang sejarahnya, sungkan ama para expert-nya SQL, wong saya masih pemula koq mau sok pinter hehehhehe. Anda dapat membacanya secara lengkap tentang sejarah SQL di Wikipedia. Saya akan membahas SQL dengan cara saya sebagai pemula. Yang penting kita bisa berdiskusi tentang SQL disini.

SQL merupakan bahasa yang asyik untuk dipelajari, karena bahasanya mirip sekali dengan bahasa Inggris, jadi otak kita tidak perlu susah payah untuk mengingatnya). Sekarang ini banyak sekali yang mengaplikasikan bahasa SQL ini mesin database buatan mereka. Seperti Microsoft SQL Server, MySQL, Oracle, Firebird, PostgreSQL, Progress, Microsoft Access, dan masih banyak lagi. Dan selama pengalaman saya membuat aplikasi memakai Visual Basic dan PHP, saya selalu memakai MySQL. Mengapa MySQL? Sederhana saja, selain gratis, hampir semua aplikasi web sekarang memakai MySQL sebagai tulang punggungnya sehingga saya tidak perlu menyesuaikan lagi perbedaan syntax yang ada di antara aplikasi-aplikasi SQL server.

Maka dari itu, saya akan membahas SQL ini dengan MySQL. Lalu apakah SQL server favorite anda?

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

6 Komentar

ROZI ZAMRONI  on December 1st, 2008

saya suka sekali belajar web desain, tapi saya juga pengen bisa pemrograman web. Apa langkah awal yang harus saya pelajari, atau saya harus mengerti bahasa pemrograman web dengan apa??? thanks

Bart. Edi  on December 1st, 2008

Menurut saya sih, HTML dulu. Lalu PHP atau ASP (menurut saya sih PHP aja) lalu bahasa SQL karena untuk membuat web yang dinamis, anda harus menguasai SQL

fathoni  on February 25th, 2009

Salam, Mas Edi…
Mas, saya pingin bikin program Point Of Sales pake’ MySQL via VB 6, tapi saya kok belum mudeng2.
Saya sudah pake referensi bukunya Tomy, SE., “Membuat Aplikasi Minimarket Point Of Sales dengan VB 6 & MySQL 5”, tapi tetep saya gak mudeng2 🙂
Tolong gimana caranya bisa bikin prog POS, biar toko saya tambah maju, hehe…
Makasih Mas Edi…

Bart. Edi  on February 25th, 2009

@fathoni: intinya ngga begitu susah koq pak. Buat interface, buat koneksi, buat sql string untuk simpan dan sql string buat buka data dan yang penting logika pemrograman yang sistematis dan terstruktur. Waduh koq malah menggurui wong saya masih nubie lho….

muh sangir efendi  on June 1st, 2009

bagaimana cara kt belajar didalam melakukan suatu pemongraman di dalam data base

ariswan  on June 8th, 2012

Mohon pencerahan dari para senior.

Saya tengah membangun aplikasi PHP yg akan ditempatkan pada computer server di jaringan intranet Perusahaan utk di-publish kpd user menggunakan XAMPP. Utk SQL databasenya menggunakan koneksi ODBC dari beberapa source file *.DBF. Aplikasi tsb sdh running-well pada tahap test, pertanyaan saya adalah :

1-apakah user dapat membuka file database SQL pada server yg di-konek melalui ODBC dari beberap file *.DBF ?
2- bagaimana melakukan sekuriti file database SQL yang di-konek melalui ODBC tsb agar aman dari akses pihak lain, karena ada data yg sifatnya confidential (seperti data gaji, usia, dll)

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge