Mengenal Layanan Google Alerts

google alertsBagi anda yang seorang pengembang web mungkin layanan ini sudah tidak asing lagi. Tetapi bagi yang belum mungkin sekarang inilah saatnya untuk berkenalan dengan layanan yang hebat ini. Apa sih kegunaan Google Alerts ini? Sesuai namanya, layanan ini akan mengirimkan peringatan melalui email atau feed kepada kita setiap ada perubahan di database hasil cari Google. Tentu hal ini akan berguna bagi kita untuk mengetahui perkembangan dari frase atau kata yang ingin kita monitor.

Untuk menggunakan layanan ini sangatlah mudah. Langkah pertama yang harus di ambil adalah memiliki akun di Google. Jika anda sudah mempunyai akun di salah satu layanan Google seperti Google Adsense, Google Adwords, Gmail anda tidak perlu mendaftar lagi untuk dapat menggunakan Google Alerts.

Jika anda sudah login, berikut langkah yang harus anda ambil:

  1. Tinggal masukkan frase yang ingin anda monitor. Misalnya, saya ingin memonitor url blog saya ini. Maka saya ketikkan “edisusanto.com” (tanpa tanda petik ganda) di kotak isian Search terms.
    cari alerts1
  2. Pilih Type dari Alerts anda. Ada 6 type sumber alerts yang bisa anda pilih: News (sumber data dari 10 besar Google News), Web (sumber dari 20 besar hasil cari Google), Blog (sumber dari 10 besar hasil cari Google Blog Search), Comprehensive (sesuai namanya, sumber dari semua sumber yang ada di Google), Video (sumber dari hasil cari Google Video), Groups (sumber dari hasil cari Google Groups). Kalau saya memilih Comprehensive jadi saya bisa tahu apapun yang terjadi dengan frase saya.
  3. Lalu set berapa sering Alerts akan mengirimkan email pada anda. Opsi yang bisa dipilih adalah: as-it-happens (Alerts akan mengirim email pada anda begitu ditemukan temuan baru dari frase anda), once a day (hasil temuan akan di kirim sekali dalam sehari), once a week (hasil temuan akan di kirim sekali dalam seminggu). Agar tidak terlalu banyak email anda bisa memilih once a day tetapi jika anda hasil yang realtime, pilih as-it-happens.
  4. Terakhir pilih Deliver to. Secara otomatis email akun anda akan tampil di situ. Setelah beres semua klik tombol Create Alert.
  5. Jika Alert berhasil di bikin, anda akan menemui pesan berhasil di layar selanjutnya.
    hasil alerts

Nah, selesai sudah. Sekarang setiap ada temuan frase anda, maka Google Alerts akan mengirim sebuah email pada anda.
email alerts

Lumayan berguna bukan? Meskipun mungkin hasil temuannya tidak yang seperti anda harapkan, alat sedikit banyak tetap akan membantu anda.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Satu Komentar

senlest  on May 8th, 2009

Makasih Ya Mas Ilmunya..,
Salam kenal…

artikel terakhir senlest | Kembalikan Aku ke Masa Lalu

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge