Mengelompokan Data Excel

Dengan berkembangnya jumlah data di baris spreadsheet kita, kadang ‘memaksa’ kita untuk menyembunyikan beberapa baris agar tampilan terlihat tetap ringkas dan mudah terbaca. Untuk menyembunyikan baris-baris data yang tidak di perlukan, biasa kita akan menggunakan menu Hide. Sebetulnya cara ini sudah benar, tetapi tetapi saja ada kelemahannya, yaitu baris-baris data yang telah di sembunyikan seringkali benar-benar tidak terlihat oleh kita dan tidak jarang akan menimbulkan kebingungan bagi kita untuk menemukan baris-baris data yang telah di sembunyikan.

Dan untungnya Excel membuat lagi satu fitur yang menarik, yaitu Group dan Ungroup. Dengan Group kita dapat menyembunyikan baris-baris yang kita inginkan, dengan memperlihatkan di samping kiri baris-baris seperti gambar di bawah ini:

Tanda Group Ungroup

Untuk mengelompokan baris, sangat mudah. Tinggal blok range baris yang ingin anda kelompokan, lalu klik menu Data dan klik tombol Group (untuk Microsoft Office 2007 sedangkan untuk versi sebelumnya klik tombol Data -> Group and Outline).

Untuk menyembunyikan baris yang di Group, tinggal klik tanda minus (-). Dan untuk membuka kelompok baris yang di sembunyikan tinggal klik tanda plus (+) seperti gambar di bawah ini.

Membuka group

Dan untuk melepaskan baris-baris yang telah kita kelompokan, tinggal akses menu Data -> Ungroup (Microsoft 2007 sedangkan untuk versi sebelumya, klik menu Data -> Group and Outline -> Ungroup.

Selamat mencoba…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

10 Komentar

Ali  on October 20th, 2009

heheheh… Ilmu baruu.. yeah.. suwung kang ed..
.-= Ali´s last blog ..Was I ready to be leader =-.

ely subiyakto  on October 21st, 2009

sangat membantu ….

oga  on February 5th, 2010

Saya sangat tertarik dengan excel dan ingin belajar banyak..tidak sengaja liat “ruang” anda…saya sangat senang bisa mendapat ilmu baru dari anda..terima kasih banyak

Harjum Rizal L  on February 11th, 2010

Saya ingin sekali mengetahui lbih dalam lagi tentang program Ms.Excel.. Alhamdulillah, Ada beberapa orang yg mau berbagi ilmu. Thanks ut smuax…

Bunda Dhiya  on April 26th, 2010

Met kenal Mas.
Saya ada masalah dgn data excell saya, yaitu masalah mencari jumlah dari data tapi dengan 2kriteria. Misal brp total qty delivery untuk item dan no.PO yang sama. sementara jml item nya ada 6 dan no.PO bisa lbh dari 10. saya sdh coba dengan rmus SUMIF, lalu AND dsb (data saya dlm bentuk kolom vertikal). tolongin dech mas. saya sdh angkat tangan. Makasih banget.

zaini  on June 26th, 2010

makasih mas… atas bagi-bagi ilmunya… semoga menjadi ilmu yg bermanfaat…
gini mas… saya mempunyai masalah gimana caranya membuat list atau combo box agar orang lain tidak bisa engganti list atau combo box yang kita buat… terima kasih atas bantuannya..

sahri  on July 18th, 2010

mo tanya cara membuat row yang menyesuaikan dengan banyak’y data gmn ya…jadi lo ada data dalam baris yang tidak ter isi bisa hilang dengan sendiri..

Halik  on July 21st, 2010

bapak sya minta bantu sya mendapat kesulitan di exel biasanya tampilan exel standarnya colom di lambangkan dengan huruf A, B, C dst tp exel sya tampilan colom dengan angka 1, 2, 3 dst
mohon beri solusi lewat email sya (likleman@yahoo.co.id)

rahgans  on October 5th, 2010

makasih banget buat ,,ilmu nya ,,,,tapi sy masih awab banget ,,pengen tau berbagai jenis rumus di exel,,,,,,,,,,,,,,,,,,,minta pencerahan nya mas ,ada tutor ,pake vidio ga

nisa  on November 3rd, 2011

saya biasa pake…tapi masalahnya klo banyak data yang mau di group gimana caranya dalam 1 klik bisa di group kan semua ya???

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge