Mencoba Cuil

cuil homeSelama ini saya hanya memakai Google dan Yahoo saja sebagai mesin pencari saya di internet. Kemarin saya ngobrol ama teman-teman saya dan ada salah satu teman saya berbicara sama saya tentang mesin pencari Cuil. Saya ketawa waktu itu, lalu saya menjawab, “Makanan apa itu Cuil?”. Dan waktu itu hanya tertawa terbahak-bahak lah yang menutup perbincangan kami tersebut.

Lalu ketika sampai di rumah saya penasaran ama perkataan teman saya itu, lalu langsung saya konek ke internet dan langsung ketik www.cuil.com di Firefox saya, eh…memang ada dan memang itu adalah sebuah mesin pencari!

Tiba-tiba saya malu sendiri, padahal saya setiap hari selalu terhubung dengan internet tanpa jeda dan betapa saya menyadari saya seperti terpenjara dengan hal-hal yang rutinitas, seperti hanya fokus ke Google saja tanpa melihat ‘dunia luar’.

Lalu dengan semangat 45 saya langsung mencari lebih dalam artikel-artikel tentang Cuil ini. Tempat pertama yang saya sasar adalah Wikipedia (seperti biasa) dan saya langsung mendapat artikel yang saya maksud. Dari artikel itu juga saya mendapat informasi bahwa Cuil ini di bikin oleh engineer ‘lulusan’ Google dan tidak hanya itu saja, Cuil ini juga di buat oleh mantan karyawan Altavista dan IBM. Jadi memang Cuil ini bukan mesin pencari ecek-ecek. Oya, Cuil ini dieja dengan ‘Cool’.

Tampilan Cuil juga sangat elegan (iya wong di buat ama mantan orang Google), seperti gambar di bawah ini:

cuil cari

Lalu saya coba dengan mencari frasa edisusanto.com, dan sedihnya Cuil tidak menemukan apa-apa untuk frasa blog saya ini (duh… bener-bener pemula saya ini di bidang SEO), padahal di Google saya menemukan 1.460 hasil ketika artikel ini ditulis untuk frasa yang sama.

Untuk mencoba tampilan hasilnya, ya saya mencoba dengan frasa blog sahabat saya aja yang ahli SEO yaitu pogung177.com (pinjem yo Kang Wawan) dan langsung Cuil menemukan 2.854 hasil (Google menemukan 3.600 hasil) dengan tampilan search seperti gambar di bawah ini:

Hasil cari Cuil

Ya, menurut beberapa teman saya tampilan Cuil ini lebih menarik daripada Google tapi ya itu sangat subyektif, ada juga yang mengatakan tampilan hasil cari Google lebih enak dilihat.

Sampai artikel ini di tulis, Cuil mempunyai 124 miliar index.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

2 Komentar

topan  on January 9th, 2009

57 results for topan.web.id
itulah hasil result blog amatir saya.
Mungkin dengan jalan-jalan ke blog orang dan meninggalkan jejak berupa komentar bisa menjadi salah satu faktor penting dalam SEO.
Hehe..
Tapi bagi saya Google masih tetap yang terhebat.
🙂

Bart. Edi  on January 9th, 2009

@topan: ya untungnya Google sangat bersahabat dengan saya…

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge