Mencicipi iTunes 8

Sudah saya katakan di sini, bahwa iTunes adalah aplikasi pemutar MP3 favorite saya. Beberapa saat yang lalu Apple merilis versi terbaru dari iTunes yaitu 8. Cuma saya baru bisa mencoba-nya sekarang karena untuk mengunduhnya perlu kekuatan ‘extra’ hehehe, ukuran file-nya sebesar 64MB tidak bisa begitu saya ambil karena perlu waktu 5 hari untuk mengunduhnya maklum pakai hotspot gratisan jadi perlu extra sabar untuk mendapatkan installer-nya.

Setelah selesai mengunduhnya, tinggal klik ganda aja file iTunes8Setup.exe lalu ikuti langkah-langkah untuk menginstall di komputer anda (biasanya sih tinggal klik tombol Next terus gitu…) dan jika anda sudah mempunyai iTunes 7 di dalam komputer anda, installer akan mengupgrade-nya secara otomatis. Dan anda tidak perlu kuatir masalah data library lagu anda, iTunes 8 akan memindahkan data lama anda ke versi 8.

Ada beberapa perubahan yang saya lihat di versi 8 ini:

  1. Anda bisa menjelalahi-nya per album, artis, genre(jenis), dan komposer (pencipta lagu) dan masing-masing jenis akan di wakili dengan sebuah ikon yang akan menampilkan cover album tersebut jika di temukan data gambar cover album tersebut.

    dan hebatnya lagi anda bisa memainkan lagu dalam satu album itu saja dengan meletakkan kursor mouse anda di atas album yang ingin anda mainkan dan tombol Play Album akan muncul dan tinggal klik tombol itu aja untuk memainkan satu album penuh.

    Hal ini juga berlaku jika anda memilih untuk menampilkan per kelompok lain. Misalnya anda memilih per Genres, maka ketika anda dapat memainkan lagu-lagu dengan genre yang sama ketika anda klik tombol Play Genre.
  2. Genius Playlist. Fitur ini sebetulnya bagus juga untuk di aplikasikan cuman sayangnya fitur ini tidak berlaku untuk negara kita. Fitur ini akan membuat playlist dengan mengkategorikan dan menscan lagu-lagu kesayangan anda dan membuat lagu-lagu yang ‘sejenis’ dan ‘serasa’ dengan lagu-lagu favorite anda. Ya karena iTunes Store-nya tidak mempunyai database tentang album-album lagu Indonesia, maka fitur ini tidak bisa digunakan.

    Playlist Genius dapat anda temukan di sisi kiri juga.
  3. Anda bisa menampilkan caption dari video yang mendukungnya. Jujur saja saya belum jelas masalah ini karena ketika saya mencoba memasukan DVD film saya, iTunes juga tidak bisa menampilkannya. Ada bisa mengaktifkan fitur ini melalui menu Edit -> Preferences -> Playback.
  4. Dan jangan lupa anda bisa mendapatkan cover album musik anda (jika ada di database iTunes Store) dengan klik menu Advanced ->Get Album Artwork. Fitur ini sebenarnya sudah ada di iTunes 7 tetapi saya ingin mengingatkan fitur ini agar data lagu anda bisa semakin indah dan reprentatif.

Dengan tambahan fitur diatas rasanya saya semakin sayang dengan iTunes

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

7 Komentar

akangjuned  on October 8th, 2008

gak ada duanya deh kalo itunes dari dulu pake itunes aja buat music player nya 🙂

Bart. Edi  on October 8th, 2008

wah berarti kita sehati hehehe. iTunes is the best

blonde  on October 8th, 2008

siipp.. bos..
i tunes emang top markotop..
bisa download lo prend di http://mp3rungon.cn
tak tunggu ya bos..
trims..

Baliboy  on November 7th, 2008

Mau nanya nih,.. gua termasuk baru make ipod yang classic. software Itunes8 juga sudah terinstall. cuman kenapa ya gak bisa masuk ke itunes store? padahal gua udah ada ID apple, masukkin credit card#, ada yang tau gak masalahnya ? keluar cuman ” Run time error, R6002 floating point support not loaded” .. mohon pencerahan bro.. thanks!

iTunes 9 Keluar! | Edi Susanto dot Com  on September 14th, 2009

[…] lama bertengger di versi 8, Apple belum lama ini menggelontorkan versi 9 untuk aplikasi pengatur dan pemutar MP3-nya, apalagi […]

gadiiis bellia  on December 18th, 2010

wuihhh……….lum prnah q mpe ngefans ma suatu band…cuma geisha.. yg buat q suka bgt

Cinta Musik  on February 20th, 2013

iTunes 8 emang enjoy banget
Cinta Musik´s last blog post ..Pasha. Rasa Terindah feat Rossa & Afgan

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge