Mencari Nama File Di MSDOS

Melanjutkan artikel tentang penggunaan perintah more, kali ini saya ingin menuliskan perintah yang juga adalah perintah yang digunakan untuk redirect dari suatu perintah. Dalam dunia MSDOS, jika kita mencari file tentu tidak melalui fitur Search punya Windows yang udah dalam bentuk grafis begitu, tetapi tentu dengan perintah yang tidak asing lagi yaitu dir. Perintah dir ini adalah perintah untuk memperlihatkan isi dari suatu folder atau drive.

Saya tidak akan membahas secara luas pemakaian dir ini secara basic, tetapi akan fokus sebagai alat pencarian file berdasarkan namanya. Cara yang pertama adalah dengan perintah dir keyword*.* /s. Misal kita ingin mencari nama file atau folder yang berawalan dengan kata data, kita cukup menuliskankan perintah dir data*.* /s. Parameter /s disitu tentu untuk mencari ke semua sub-folder di bawah folder dimana kita berada.

Cara yang kedua adalah dengan redirect command yaitu find. Cara penggunaannya adalah dir /s | find "kata_yang_dicari". Misalnya saya ingin mencari file atau folder yang mengandung kata Data, maka kita dapat mengetikan perintah seperti ini: dir /s | find "Data" atau jika anda hanya ingin mencari di current folder ketikan dir | find "Data". Perlu diingat kata kunci disini bersifat case sensitif sehingga kata “data” berbeda hasilnya dengan “Data”. Anda juga dapat menambahkan perintah |more disini sebagai tambahan.

Selamat mencoba.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge