Menampung Hasil Perintah DOS

Jika anda adalah seorang DOS, tentunya anda sangat familiar dengan hasil-hasilnya yang juga dalam bentuk teks. Dan suatu saat jika anda ingin mengambil hasilnya terkadang kita bingung bagaimana untuk mengambil hasilnya untuk diperlihatkan kepada teman kita misalnya dengan melalui email. Beberapa langkah bisa diambil sebenarnya untuk membuatnya menjadi pekerjaan yang lebih mudah dan menyenangkan.

Yang pertama, dengan menekan tombol Prt Scr (Print Screen) lalu layar anda akan di simpan di dalam clipboard dan anda tinggal me-paste nya ke image editor anda. Kelemahannya, tentu anda tidak bisa mengambil semua hasilnya, hanya sebatas sepanjang layar anda, juga ukuran file gambar tentunya lebih besar.

Yang kedua, dengan copy paste hasil perintah DOS-nya. Dengan mengklik ikon di sebelah kiri atas, pilih menu Edit – Mark. Lalu arahkan kursor anda, hingga area hasil teks yang anda ingin copy terpilih semua, jika sudah lalu tekan Enter untuk menyalin isi teks tersebut. Lalu tinggal tekan Ctrl + V di teks editor anda untuk meletakan hasil tersebut. Tentunya ini lebih nyaman jika dikirim dengan email karena sudah berbentuk teks dan juga tidak membebani bandwith anda.

Yang ketiga, berikan parameter tambahan dibelakang perintah dos anda. Parameter tersebut adalah > nama_file.txt. Misalnya anda ingin menampung hasil dari perintah dir c:\data /s, tinggal tambahkan saja perintah tersebut menjadi dir c:\data /s > isi_folderku.txt. Maka anda akan menemukan file isi_folderku.txt di folder dimana waktu itu anda sedang berada (current folder). Jika anda ingin menampung hasilnya ke folder tertentu, tambahkan saja nama foldernya di depan nama teks file hasil. Misalnya, anda ingin menampung hasilnya di folder C:\Master. Maka perintah di atas menjadi dir c:\data\ /s > C:\Master\isi_folderku.txt. Cara yang ketiga ini jauh lebih simple, karena anda tinggal melihat hasilnya dengan teks editor anda. Anda tinggal membuka saja file isi_folderku.txt dan anda akan mendapatkan hasil persis seperti yang ada di DOS console nya. Sebagai tambahan, anda bisa menambahkan hasil ke suatu file teks yang sudah ada, ganti parameternya dengan >> nama_file_hasil.txt. Misalnya anda ingin menambahkan isi direktori c:\data ke suatu file teks yang sudah ada, tinggal ketik dir c:\data /s >> isi_folderku.txt.

Selamat mencoba.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge