Menambahkan Folder Path Ke Variable Environment

Waktu jaman MS-DOS dulu masih jaya, konfigurasi untuk setting PATH ini sangat diperlukan untuk menghindari penulisan perintah di prompt yang panjang. Itu dikarenakan jika anda mengeksekusi suatu executable file, DOS akan mencari di current folder (folder di mana anda sedang berada) lalu jika tidak di ketemukan, sistem akan mencari ke folder-folder yang ada di variable PATH. Nah, jika anda merasa variable PATH sudah tidak begitu diperlukan di lingkungan Windows, anggapan anda tidak sepenuhnya benar.

Di lingkungan Windows pun, jika sistem tidak menemukan path untuk suatu file executable atau library file di current folder, maka Windows akan mencari di folder-folder yang terdaftar di variable PATH juga.

Nah, melihat hal itu, sering muncul pertanyaan, bagaimana untuk menambahkan suatu folder path ke variable PATH? Pertama saya akan memperlihatkan pada anda bagaimana melihat isi dari variable PATH dulu:

  1. Klik Start -> Run, isikan cmd di kotak isian-nya lalu tekan Enter.
  2. Ketikkan echo %path% di prompt lalu tekan Enter.
  3. Nah anda tinggal melihat apakah folder kesayangan anda sudah berapa di situ.

Untuk menambahkan suatu folder ke variable PATH, langkahnya seperti ini:

  1. Klik Start -> Control Panel lalu klik ganda ikon System.
  2. Klik tab Advanced lalu klik tombol Environment Variables.
  3. Cari di daftar System variables untuk Variable PATH.
  4. Untuk menambahkan atau mengubah isi dari variable PATH (dan variable-variable yang lain), anda bisa klik ganda di variable tersebut atau klik variable yang dimaksud lalu klik tombol Edit.
  5. Lalu tambahkan alamat folder anda. Misalnya folder anda Program Kesayangan. Ketik ;C:\Program Kesayangan lalu klik tombol OK.
  6. Restart komputer anda untuk mengaplikasikan variable PATH baru anda.

Nah, sekarang misalnya anda punya program yang bernama abcd.exe di folder Progarm Kesayangan, anda bisa memanggilnya dimana saya. Jadi akan lebih memudahkan hidup anda…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

2 Komentar

10 Perintah Yang Sering Saya Gunakan | Edi Susanto dot Com  on January 6th, 2009

[…] memanggil program, anda bia menuliskan nama file .exe nya atau juga anda bisa memanggil nilai dari Variable Environment Windows juga, dan ini perintah-perintah favorite […]

Women's 49ers Jerseys  on January 5th, 2012

I feel this can be extremely significant information in my position. At this point glad reading your article. But wanna commentary on some common things, To the site taste is perfect, the articles is there to reality nice. Good process, Cheers!

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge