Memonitor Penggunaan Bandwith Internet

bitmeterSemakin hari biaya berinternet di negeri kita ini semakin turun saja dan ini adalah berita bagus buat perkembangan IT di Indonesia. Anda bisa lihat, hari ini banyak provider telepon selular mulai melayani akses internet. Dan mereka menawarkan harga yang menggiurkan, seperti Telkomsel dan Indosat yang melempar paket unlimited-nya dengan harga di kisaran Rp.100.000/bulan. Juga, masih terdapat paket-paket yang di jual berdasarkan waktu penggunaan (time base) atau besaran kuota volume data yang terpakai atau biasa di sebut volume base.

Perbedaan di antara unlimited dan non unlimited biasanya terletak di kecepatan akses internet, kalau yang unlimited tentu transfer rate-nya tidak secepat yang limited. Tapi jika anda berlangganan berdasarkan kuota volume pemakaian, anda harus benar-benar hati-hati dalam penggunaannya, salah-salah pengeluaran keuangan anda akan penuh kejutan.

Untuk itu, anda perlu menggunakan satu aplikasi untuk menunjukkan pada kita informasi tentang penggunaan internet kita, tidak hanya yang berkuota, buat anda yang berlangganan internet tanpa batas pun, tidak ada salahnya menginstal program yang akan mencatat dan menunjukkan pada kita besaran penggunaan internet dan kecepatan internet secara aktual.

Banyak aplikasi yang dapat kita gunakan untuk keperluan itu, salah satunya adalah BitMeter. Untuk menggunakan aplikasi ini, Windows XP anda harus ada Microsoft Framework .NET 1.1 terinstal (karena aplikasi ini dibuat oleh salah satu keluarga dari .NET language).

Langkah yang perlu kita ambil adalah:

  1. Download aplikasi BitMeter II.
  2. Setelah download selesai, buka file BitMeter2.zip dan mekarkan.
  3. Lalu klik ganda file BitMeterInstaller.exe untuk memulai proses instalasi.
  4. Proses instalasi sangatlah mudah, kalau saya hitung (kurang kerjaan nih jumlah klik koq di hitung), hanya perlu 3 kali klik udah kelar proses instalasinya.
  5. Setelah selesai instalasinya, buka aplikasi BitMeter melalui tombol StartAll ProgramsBitMeter.
  6. Kalau menurut pengalaman saya, BitMeter langsung muncul dan bekerja. Untuk melihat konfigurasi-nya, klik kanan ikon BitMeter di systray dan pilih menu Settings.
    ikon bitmeter di systray
  7. Saya sarankan, untuk mencentang opsiĀ  Automatically adjust scale, agar bar anda bisa terlihat dengan jelas di BitMeter nantinya.
    Setting BitMeter

Nah, sekarang kita tinggal memonitor saja kegiatan penggunaan internet kita. Untuk melihat resume penggunaan anda dapat melihat melalui klik kanan ikon BitMeter di systray lalu pilih menu Statistics Grid dan Statistics.

Berikut tampilan summarynya.

Statistics Grid

Statistic

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Satu Komentar

Edi Psw  on February 5th, 2009

Wah, tips yang menarik nih.
Ikutan download. Hehehe…

artikel terakhir Edi Psw | Gerakan Sekali Bilas Molto Ultra

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge