Membuat Grafik Sederhana Di Excel

Wah, terakhir-terakhir ini koq pinginnya nulis tentang Microsoft Excel terus, padahal mau tulis membuat aplikasi Visual Basic 6 dan MySQL. Tapi ngga papa ya rekan-rekan, yang penting bisa membagi sesuatu. Dan semoga bisa memperkaya pengetahuan spreadsheet kita semua. Nah, kali ini saya ingin menulis tentang cara membuat grafik sederhana di Excel.

Biasanya, kalau kita ingin membuat tabel Excel, kita akan menggunakan Chart menu. Tetapi kalau anda hanya ingin membuat tabel dengan model bar yang sederhana, ngga usah memakai Chart. Karena Chart akan memperbesar file Excel anda dan akan menggunakan resource komputer lebih besar.

Untuk membuat grafik yang sederhana, kita cukup menggunakan rumus REPT. Cara penggunaanya pun sangat sederhana, syntax-nya pun sangat sederhana. Cukup tulis =REPT(karater_grafik; nilai_data). Return dari rumus adalah perulangan karakter yang anda pilih. Misalnya, anda ketik =REPT("k"; A2). Dan jika di cell A2 anda tulis angka 5, maka hasilnya adalah perulangan huruf k sebanyak 5 kali. Saran saya, ubahlah jenis font di cell hasil dengan font symbol, seperti Wingdings.

Bagaimana jika nilainya adalah dalam ribuan atau jutaan? Tentu bar-nya bisa jadi panjang sekali? Bagi saja nilainya dengan 1000 atau 1000000. Misalnya, =REPT("o"; A2/1000). Mudah sekali kan? Selamat mencoba dan belajar.

Jika anda ingin melihat contoh rumus ini, anda bisa mengunduh file-nya di sini, atau kalau ngga bisa, coba download disini (update soon, jogjaupload.com ngga bisa diakses).

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

4 Komentar

Abam love fanie  on February 8th, 2010

KEREN!!!!
cuman rada pusing,,
tpi bsa gx buat yang lebih sederhana tpi banyak penjelasannya..
sol na buat tgas sekolah nihh,,,

RN  on September 18th, 2010

Om maaf ya koreksi, mohon maaf meluruskan 😉
Saya pakai excel 2007, separatornya koma bukan titik koma (mungkin kalau v2003 rumusnya spt di atas ya? hehehe)

Contohnya adalah sbb :
– ketik =REPT(“apa yang mau diulang”,jumlah perulangan yg mau) >> misal =REPT(“k”,5) maka dalam kolom yg kita taruh rumus itu akan muncuk kkkkk (huruf k sebanyak 5 kali)

– ketik =REPT(klik data pada kolom mana yg mau diulang,jumlah perulangan yg diinginkan) >> misal =REPT(C2,5). Kalau pada C2 kita taruh huruf GE, maka pada kolom yg kita taruh rumus tsb akan muncul GEGEGEGEGE (GE sebanyak 5 kali)

Bart. Edi  on September 25th, 2010

@RN: itu karena setting Regional anda tidak di set ke Indonesia…

mull  on December 11th, 2010

trims pak

berkat situs bpk, sy dpt pengetahuan luas mengenai rumus excel,….

walaupun agak rumit tp bisa dimengerti…

thx

mull

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge