Membuat Fungsi Terbilang

terbilangMenjawab pertanyaan di artikel saya yang ini, saya langsung mencari arsip programming saya, karena dulu seingat saya pernah membuat fungsi tersebut untuk penulisan kuitansi. Setelah 2 jam cari-cari saya tidak juga menemukan fungsi yang telah saya tulis 5 tahun yang lalu, akhirnya saya mengambil jalan pintas saja, yaitu googling…

Sebetulnya pembuatan fungsi terbilang ini tidaklah susah jika kita mau menggunakan logika kita sedikit. Tapi sayang malam ini, logika saya juga baru ngga mau di ajak kompromi jadi saya akan membuat tutorial-nya saja step-by-step dan scriptnya saya mengambilnya di-sini lalu saya hanya merapikannya sedikit saja. Berikut langkah yang harus anda ambil:

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Tekan Alt + F11 untuk membuka VBA Editor, atau klik menu Tools -> Macro -> Visual Basic Editor.
    menu Visual Basic Editor
  3. Di Visual Basic Editor, klik menu Insert -> Module.
    Insert module menu
  4. Lalu copy-paste script ini ke bidang kerjanya:
    Public Function TERBILANG(x As Double) As String
    Dim tampung As Double
    Dim teks As String
    Dim bagian As String
    Dim i As Integer
    Dim tanda As Boolean
     
    Dim letak(5)
    letak(1) = "RIBU "
    letak(2) = "JUTA "
    letak(3) = "MILYAR "
    letak(4) = "TRILYUN "
     
    If (x < 0) Then
        TERBILANG = ""
    Exit Function
    End If
     
    If (x = 0) Then
        TERBILANG = "NOL"
    Exit Function
    End If
     
    If (x < 2000) Then
        tanda = True
    End If
    teks = ""
     
    If (x >= 1E+15) Then
        TERBILANG = "NILAI TERLALU BESAR"
    Exit Function
    End If
     
    For i = 4 To 1 Step -1
        tampung = Int(x / (10 ^ (3 * i)))
        If (tampung > 0) Then
            bagian = ratusan(tampung, tanda)
            teks = teks & bagian & letak(i)
        End If
        x = x - tampung * (10 ^ (3 * i))
    Next
     
    teks = teks & ratusan(x, False)
    TERBILANG = teks & " Rupiah"
    End Function
     
    Function ratusan(ByVal y As Double, ByVal flag As Boolean) As String
    Dim tmp As Double
    Dim bilang As String
    Dim bag As String
    Dim j As Integer
     
    Dim angka(9)
    angka(1) = "SE"
    angka(2) = "DUA "
    angka(3) = "TIGA "
    angka(4) = "EMPAT "
    angka(5) = "LIMA "
    angka(6) = "ENAM "
    angka(7) = "TUJUH "
    angka(8) = "DELAPAN "
    angka(9) = "SEMBILAN "
     
    Dim posisi(2)
    posisi(1) = "PULUH "
    posisi(2) = "RATUS "
     
    bilang = ""
    For j = 2 To 1 Step -1
        tmp = Int(y / (10 ^ j))
        If (tmp > 0) Then
            bag = angka(tmp)
            If (j = 1 And tmp = 1) Then
                y = y - tmp * 10 ^ j
                If (y >= 1) Then
                    posisi(j) = "BELAS "
                Else
                    angka(y) = "SE"
                End If
                bilang = bilang & angka(y) & posisi(j)
                ratusan = bilang
                Exit Function
            Else
                bilang = bilang & bag & posisi(j)
        End If
    End If
    y = y - tmp * 10 ^ j
    Next
     
    If (flag = False) Then
        angka(1) = "SATU "
    End If
    bilang = bilang & angka(y)
    ratusan = bilang
    End Function

    shot vbe

  5. Setelah di paste, coba cek script ini dengan klik menu Debug -> Compile VBA Project, jika tidak keluar kotak peringatan apapun biasanya script anda sudah beres.
  6. Tutup jendela Visual Basic Editor anda.

Nah sekarang tinggal coba aja:

  1. Ketik di cell sembarang sederet angka (misal di cell A1), lalu untuk memanggil fungsi terbilang ini (misal di cell A2), tinggal ketik =TERBILANG(A1).
    contoh

Cukup mudah bukan? Anda dapat mengunduh contoh artikel ini di sini.

Just in case, jika macro ini tidak bisa di jalankan di Excel anda (karena secara default Excel menset keamanan terhadap macro ke level tinggi), cek Security macro setting di Excel anda. Untuk melihat konfigurasi Security macro, klik Tools -> Macro -> Security dan pilih opsi Low lalu klik tombol OK. Saran saya pastikan anda sudah mempunya anti virus terinstal di komputer anda untuk menjaga agar virus macro tidak dapat menyerang komputer anda.
set macro security level

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

184 Komentar

Jesayas  on January 14th, 2009

Wahh tdk bisa diterapkan sama sekali.
Ketika dicopykan pada line pertama :

1 Public Function TERBILANG(x As Double) As String

selalu muncul peringatan :

FUNCTION
Must be first statement of the line

Sehingga script VB ya anda tuliskan tdk dpt diaplikasikan sama sekali. Yg menjadi pertanyaan, apaah anda sdh mencobanya script ini sebelum ditulikan ke dalam Blog Abda,

Bart. Edi  on January 14th, 2009

sudah dong pak, ngga mungkin saya ngga nyoba dulu buat apa juga saya menulis sesuatu tentang hal yang tidak saya mengerti, nyatanya juga saya bisa kasi screenshoot….. ato anda bisa download contoh-nya. Apakah anda juga copy line numbernya? karena dari error statement anda keluar 1 Public Function… yang di copy syntax nya saja, jangan sama line number nya. Tapi saya sudah hilangkan line number nya di WP-syntax saya sehingga bisa membantu anda untuk mengatasi hal tersebut. Semoga membantu…

Muwahhidin Firdaus  on January 21st, 2009

wah.. thank’s yah.. infonya…

udah bisa tuh aku coba….berhasil-berhasil hore..!!!

mas, boleh ngopy postingannya ga ? mo aq post juga di blog aku…

thank’s yah…

http://dhawi1986.wordpress.com

artikel terakhir Muwahhidin Firdaus | WE WILL NOT GO DOWN (Song for Gaza)

wongjowo08  on January 21st, 2009

maaf mas… numpang lewat… kalau ada yang mau trik konversi angka ke huruf (English, Rupiah atau Tanpa Rupiah) kunjungi blog saya http://www.masrycomputer.blogspot.com
semoga membantu….

thanks mas?

Bart. Edi  on January 21st, 2009

@wongjowo88: sama-sama

fredy  on February 18th, 2009

Pak kalau memunculkan kata RUPIAH nya bagaimana. soalnya kan di kwitansi hrus terbilang kata rupiah
thanks

Fungsi Terbilang Di Microsoft Access | Edi Susanto dot Com  on February 22nd, 2009

[...] kasih atas tanggapan yang menyenangkan di artikel Membuat Fungsi Terbilang di Microsoft Excel, melalui email atau komentar. Lalu di halaman ini, ada permintaan atas artikel pembuatan fungsi [...]

gafar  on February 24th, 2009

makasi bung edi..rada puyeng juga pas bikin kwitansi masa ngetik manual hehehe..thx a lot ya..
ditunggu tips2 lainnya nih..

Bart. Edi  on February 24th, 2009

@gafar: bang gafar, anda bisa membuatnya dengan Microsoft Access ato di Visual Basic jika penggunaan massal, memang ya puyeng kalo manual di Excel hehehehe, untuk fungsi terbilang di Access bisa di baca: http://www.edisusanto.com/fungsi-terbilang-di-microsoft-access/

Agung Sinatrya  on February 27th, 2009

Dari dulu saya baca-baca di toko buku gak nemu-nemu,
nanyak sana sini blm ada jawaban.
Alhamdulillah .. hari ini secara … saya nemu di facebook.

Btw, fungsi tersebut gak bisa otomatis kluar saat kita buka halaman baru? gimana biar bisa paten?
Mohon pencerahan

Thx.

artikel terakhir Agung Sinatrya | MBAK TIEN JADI TKW

Bart. Edi  on February 27th, 2009

@Agung Sinatrya: Coba saya bantu ya… Macro akan attach ke satu file tertentu saja. Jadi jika bapak buat file baru, bapak harus attach lagi ke module Macro nya lagi (copy paste aja). Menurut percobaan saya, kalau saya buka file yang udah terattach macro tersebut, fungsi ini langsung dieksekusi. Maka dari itu coba cek di option (Tools -> Options) lalu klik tab Calculation lalu pastikan Calculation di mode Automatic. Semoga membantu.

kus  on March 3rd, 2009

mas kalau di excel 2007 menu security macro di tools ngga ada?soalnya blm bisa2 nih…sory gaptek

Bart. Edi  on March 3rd, 2009

@kus: coba saya bantu ya… Untuk mengeluarkan menu macro di Office 2007, anda bisa temukan di menu View -> Macros. Memang untuk Visual Basic saya ngga melihat sih, anda harus customize sendiri dengan klik kanan di ribbon bar lalu pilih menu Customize Quick Access Bar. Nanti di Customize pilih Developer tab lalu tambahkan Visual Basic. Atau cara paling gampangnya, panggil aja dengan Alt + F11. Semoga terbantu.

Erwin  on March 4th, 2009

bos…. makasih dah ngasih cara bikin fungsi terbilang… sangat kepake bgt di kantor.. cuman masih ada kurangnya.. gimana cara nambahin kata rupiah di tiap terbilangnya..???? apa yg harus saya tambahkan??

Bart. Edi  on March 4th, 2009

@Erwin: Coba saya bantu dikit ya. Hal itu cukup simpel pak, cara 1: bisa di fungsi Terbilang itu di baris agak akhir yang statementnya:
teks = teks & ratusan(x, False)
TERBILANG = teks
End Function

Nah di TERBILANG=teks itu di tambahi dengan TERBILANG = teks & " rupiah"

Atau cara kedua, di sheet waktu kita manggil function ini, di tambahai aja menjadi =TERBILANG(A1) + ” rupiah”

Semoga membantu.
Semoga membantu pak.

Dadan Kusdinar  on March 7th, 2009

pa saya ingin menampilkan foto yang ada di worksheet or eorkbook yang lain gimana ya?

nurina  on March 7th, 2009

kalo mau bikin fungsi terbilang buat bilangan desimal,gmana pa?

Bart. Edi  on March 7th, 2009

@nurina: coba ya tak cariin, karena saya belum pernah kerjakan proyek yan detail sampe desimalnya :D

nurina  on March 7th, 2009

oke deh pa..jangan lupa langsung di-publish ya..

Sutikno  on March 10th, 2009

Yth. Bapak Edi Susanto

Pak Edi saya sudah coba dan berhasil. Namun bagaimana caranya kalau diaplikan di lembarkerja daftar gaji yang sudah saya buat.

alecz  on March 10th, 2009

brother ..

it’s an important n so nice blog for all comp users ..
i’m fully appreciate with you bro …

kalo bisa di tambahin query untuk versi inggrisnya nda??

gw slama ini gk pernah berhasil untuk terbilang in english dengan beberapa karakteristik bilangan di bahasa inggris…

pliz help me…

thanx b4

best regards..

Bart. Edi  on March 10th, 2009

@Sutikno: Pak Sutikno, untuk aplikasi-nya seperti apa pak? Saya kan belum melihat lembar kerja daftar gaji yang Bapak kerjakan? Tapi intinya tinggal ketik aja =TERBILANG(cell_data_asal) untuk memanggil fungsi ini di mana saja selama script VBA nya sudah di inject ke Workspace nya.

Bart. Edi  on March 10th, 2009

@alecz: OK deh, nanti cobas saya publish untuk yang berbahasa Inggris.

Krist  on March 23rd, 2009

PAGI PAK, MAU TANYA NIH UNTUK YANG TERBILANG INI TADINYA SAAT DICOBA BISA TAPI SEKARANG FILE ITU SAYA BUKA KOK JADI GAK BISA YA MUNCULNYA DI KOLOM TERBILANG ITU #NAME? SAYA CEK DI VISUAL BASICNYA MASIH ADA DATANYA PAK, MASALAHNYA ADA DI MANA YA? TKS (MAKLUM NIH GAPTEK JADI BINUN DEH)

Bart. Edi  on March 23rd, 2009

@Krist: Pakai Office versi berapa?

Krist  on March 24th, 2009

office 2003 pak

sandra  on March 26th, 2009

mas kirim info2 or ilmu2 lainnya dwonk k email’x shand y :)

Bart. Edi  on March 26th, 2009

@sandra: langganan aja lewat feedblitz saya mbak. Ada di bagian bawah blog ini, tinggal masukan email anda aja…

Jonathan  on April 1st, 2009

Mas, saya sangat terbantu dengan artikel ini. tetapi ada pertanyaan nih: fungsi terbilang sudah jalan, tetapi kalo buka lembar excel baru harus diulang kembali dari awal ya? … sepertinya masalah saya sama dgn Mas Krist … thanks ya mas sebelumnya.

Jonathan  on April 1st, 2009

Mas, boleh request nggak nih … fungsi terbilang ini sudah pernah dibuat dalam versi “english”? … thanks lagi sebelumnya mas.

Bart. Edi  on April 1st, 2009

@Jonathan: Macro melekat pada satu worksheet aja pak. Kalo anda buat worksheet baru harus di tempelkan lagi macro nya…

NURYADI  on April 2nd, 2009

Wah bagus banget mas artikel ini. Sdh saya coba bisa.

Terima kasih
Wong mBantul sing urip nang Kota Tegal

artikel terakhir NURYADI | Yumna latihan jalan

Bart. Edi  on April 2nd, 2009

@NURYADI: sama-sama pak.
Wong Blora sing urip nang kota Jogja… hehehe

Seto  on April 2nd, 2009

Berhasil….., tapi aku butuh dengan tanda koma, gimana boss …..????

Bart. Edi  on April 2nd, 2009

@Seto: bentar yach baru disusun nih artikel dengan desimal-nya

M.Samsul Bahri  on April 6th, 2009

Bermanfaat banget artikelnya sudah saya coba berhasil.Tetapi tidak diikuti dengan kata RUPIAH coba mas script nya dirubah biar sempurna,makasih mas edi.

Bart. Edi  on April 7th, 2009

@M.Samsul Bahri: Ya, karena banyak yang minta gitu, udah saya tambahi pak.

merlin  on April 11th, 2009

Dear Pak Edi,
thx banget dengan artikelnya pekerjaan di kantor saya jadi terbantu.
Tetep smangat kembangin rumus2 canggih lainnya ya pak
Saya tunggu…

Bart. Edi  on April 11th, 2009

@merlin: ah, senang bisa menulis artikel yang bisa sedikit bermanfaat bagi rekan-rekan

Aurino  on April 14th, 2009

Bagus … bagus … semakin banyak orang yang mau berbagi ilmu semakin maju kita semua …

Bravo mas Edi ….

artikel terakhir Aurino | vba Bekerja dengan Workbooks

Bart. Edi  on April 14th, 2009

@Aurino: Hi, blog anda juga luar biasa lho… salut.. mari kita tetap berbagi ilmu yang kita miliki untuk Indonesia…

nouval  on April 16th, 2009

terima kasih atas ilmunya pak, rumus terbilangnya sudah saya coba dan berhasil.
sangat membantu terhadap pekerjaan saya membuat SK Kenaikan Gaji Berkala PNS yang ada terbilangnya.
tapi saya mohon bantuannya membuat rumus mencari masa kerja pns dalam pembuatan impassing gaji baru pns. misalnya pns bergolongan 3a, tmt golongannya 1-3-2009 dengan masa kerja 3 tahun 10 bulan. saya ingin menyesuaikan masa kerja pns ini ke 1-1-2009. jadi masa kerja pada 1-1-2009 = 3 tahun 8 bulan. atas bantuan bapak saya ucapkan terima kasih

Bart. Edi  on April 16th, 2009

@nouval: sama-sama pak, saya senang kalo bisa sedikit bermanfaat buat Bapak…

panca  on April 23rd, 2009

mau nanay neh.
kalo kita mau buat di Microsoft Access gimana?

Bart. Edi  on April 23rd, 2009

@panca: anda bisa baca di artikel ini: http://www.edisusanto.com/fungsi-terbilang-di-microsoft-access/

Tyas  on May 4th, 2009

Makasih banyak mas Edi, udah dicoba sih bisa..
tp nanti kalo udah dapet yg desimal, trus english version, langsung please di update yah..

trus apakah kalo penulisan US Dollar, sama aja kaya rumus penambahan Rupiah? cuma ganti rupiah dengan Dollar gt yah?

Trims a lot.. Tuhan Berkati..

Bart. Edi  on May 4th, 2009

@Tyas: Iya betul mbak, tinggal ganti aja…

Teuku Zulkarnaini  on May 19th, 2009

Trm ksh Pak! Saya tertarik dengan kupasan di artikel Bapak dan pingin bergabung, tapi bagaimana caranya ya ???

Bart. Edi  on May 19th, 2009

@Teuku Zulkarnaini: Bisa lewat email atau RSS dibagian bawah blog ini.

kido  on May 22nd, 2009

thanks mas edi…

Mahfud wong Kudus  on May 28th, 2009

Trism mas Edi, dah berhasil. Mau minta tolong nih, utk terjemahan nilai pada rapor maupun ijasah yg ada desimalnya dua angka misal 7,05 (tujuh koma nol lima
trim, sebelumnya………….!!!

Mahfud wong Kudus  on May 28th, 2009

Sedikit koreksi mas Edi, utk rupianya masih tertulis huruf kecil, tapi dah tak perbaiki…
thank

fAJAR  on June 11th, 2009

suwun, siiip…. saya dah coba dan sangat membantu.
mas gimana kalo membandingkan data-data, pakai rumus apa ya? misal jika ada sel yg datanya sama sel akan berwarna sama atau muncul tulisan sesuatu.
trims sebelumnya,
lemah teles…gustiAllah sing mbales.
[rq=2804,0,blog][/rq]Cara Mengatasi Program Aplikasi Yang Tidak Bisa di Uninstall

soegeng  on June 12th, 2009

Terima kasih buanyak….programnya sangat membantu dalam pekerjaan saya…..

Bart. Edi  on June 12th, 2009

@fAJAR: coba aja pakai Conditional Formatting

HENDRA  on June 17th, 2009

Pak..knapa ya stlh semua langkahnya saya lakukan kemudian saya coba menuliskan angka dan mencoba rumusnya yang keluar : ambiguous name detected : terbilang

Bart. Edi  on June 17th, 2009

@HENDRA: kemungkinan besar anda menuliskan double fungsi itu. Biar mudahnya coba liat contoh yang saya sertakan di artikel ini.

Chafid.Palangkaraya  on July 8th, 2009

Gmn Cra Agar Terbilangnya awal Kata Huruf Besar Semu? Contoh Rp.122.222.000 ( Seratus Dua Puluh Dua Juta Dua Ratus Dua Puluh Dua Ribu Rupiah ) Kalo yang bs kasih tauu sayaa ……….terimakasihh

Teuku Zulkarnaini  on July 25th, 2009

Ass.
Pak, dikomputer saya fungsi terbilangnya cuma aktif ketika pertamakali dijalankan. setelah itu tidak bisa kita fungsikan lagi, fungsi terbilangnya berubah menjadi ” #NAME? “. Saya udah coba telusuri jawaban Bapak lewat komentar rekan-rekan, tapi belum ketemu jawabannya. Saat ini saya memakai microsoft office versi 2007. Bagaimana jalan solusinya? trm ksh.

Bart. Edi  on July 27th, 2009

@Teuku Zulkarnaini: Coba liat di bagian atas ada tombol konfirmasi Blocked Content, di Enable saja.

edo  on August 6th, 2009

bagus untuk berbagi….kalo ada yg perlu terbilang rupiah versi inggris ataupun terbilang dalam dollar saya punya kodenya….silahkan email ke edo_bjb@yahoo.co.id

BRAJA  on August 20th, 2009

Ini link dll untuk terbilang bisa digunakan untuk C, C++, PHP, ASP, Power Builder, VB6, .NET, Delphi, Foxpro, VBA. Dll ini tidak membutuhkan runtime dll atau tidak ada ketergantungan dengan dll lain, jadi betul2 berdiri sendiri. berbeda dengan kebanyakan dll terbilang yang membutuhkan runtime dll, misalnya dll terbilang yg dibuat pake VB6 akan membutuhkan msvbvm60.dll.

http://www.4shared.com/file/100338435/9b509b52/TerbilangTest.html?s=1

hanya ada 2 function dalam DLL ini :
- BuatTerbilang(NilaiUang)
- AboutBRAJAterbilang

ichwan Faril  on September 30th, 2009

om…terima kasih banyak, ini membantu bener buat hidup gw…..makasih banget…lo emang top om

YANS  on October 1st, 2009

ma kasih atas infonya, udah saya coba dan berhasil
tapi ada satu yang kurang, gimana cara agar terbilangnya setiap awal kata huruf besar
CONTOH : Rp 700.000,- (Tujuh Ratus Ribu Rupiah) dengan Rp. 150.000,- (Seratus Lima Puluh Ribu Rupiah). Antara kalimat Ratus dengan Seratus gima cara masukan rumusnya.

setyadi081  on October 23rd, 2009

thanks untk info nya,sangat2 bermanfaat.
sekalian saya mau tanya,klu untuk buat tanda : (titik dua) yg menurun ke bawah sampai akhir sell cara nya bagai mana ya?…
misal nya:

total :
:
:
:
:
:
:
nah titik dua nya itu biar bisa langsung di buat di salah satu sell sampai bawah

Salam
081

ivan  on November 9th, 2009

Mohon bantuannya pa, kl misalnya untuk terbilang dollar gmn?

Thanks,

minul  on November 18th, 2009

makasih membantu banget tapi yang ada desimalnya donk pak..plzzzz

Amas Supriatna  on November 24th, 2009

Terima kasih Pak, saya sudah mempraktekannya, tapi masih ada sedikit masalah untuk mengatur huruf kapital pertamanya.

Salam,
Amas

ANDY PRIMAWAN  on December 18th, 2009

THANKS, MAKASIH BANYAAK

Fatkur Rachman  on December 19th, 2009

Terima kasih Pak… saya dah coba untuk penulisan nilai huruf di raport, n berhasil. tp dimodifikasi sedikit, karena ada Rupiah… heheh
Trims ya… Sukses selalu…

Vegata Asma  on January 1st, 2010

Trimakasih bayak atas info VB’a sangat membantu ana… JZKL

karjo  on January 8th, 2010

thank mas, kepake banget..

pertama udah bisa jalan, tapi wktu buka jendela baru, ko gak bisa lagi, padahal dah di copy lagi di Vb nya..

ad peringatan :

ambigous name detected : Terbilang..

mohon saran nya mas..

excel 07

thank b4

karjo  on January 8th, 2010

eh udah bisa..

ternyata doble module..

thank..

adi  on January 11th, 2010

aduhh mas,,
waktu pertama nyoba bsa..
tapy pas saya coba lgy kok keluar “Name” gtu..
ap karena sya bkin ny berkalie2..
saya dah cba buat d halaman yang baru sama aj,,
gmn ya mas saya buat ny d Excel 2003,,
saya butuh bwt bikin invoice dan kwitansi..
trima kasihh sblmm ny…

adi  on January 12th, 2010

pak edi..
dagh berhasill nehh,,
heheheh
klw utk menambahkan tanda “#” di awal dan di akhirny gmn ya??

Bart. Edi  on January 12th, 2010

@adi: coba beri rumus =CONCATENATE("# ";Terbilang(A2);" #"), A2 adalah cell data anda….(bisa di ganti sendiri)

mampe  on January 14th, 2010

10 Jempol buat anda.

nur m harun  on January 18th, 2010

Makasih pak Edi untuk rumus terbilangnya, tapi Bagaimana ya kalau penulisannya hanya huruf depannnya saja yang besar dan gimana ya kalau ada koma dan tanpa rupiah

Rp 150000 Seratus lima puluh ribu rupiah
Rp 50000 Lima puluh ribu rupuah
50,75 Lima puluh koma tujuh lima

Nuwun

Luhur  on January 21st, 2010

Thanks atas scriptnya
Angka menjadi terbilang, kalau ingin tanpa rupiahnya tidak muncul cukup edit
Select Case Rupiah
Case “”
Rupiah = “nol”
Case Else
Rupiah = Rupiah & ” ”
dan apabila muncul angka 70,25, maka akan dibaca tujuh puluh dan dua puluh sen.
buat cell dengan menggunakan fungsi if (angkanya dibulatkan kedepan tanpa koma)
Terima kasih

WENI SURATMAN  on January 23rd, 2010

Terima kasih atas ilmunya, lain kali kita coba lagi…., thank’s for you..

Abu Naufal  on January 29th, 2010

Pak Makasih berhasil tuh,,cuman saya mau nanya kalo buat ngilangin teks ” RUPIAH” nya gimana ya pak??makasih sebelumnya

Bart. Edi  on January 29th, 2010

@Abu Naufal: Coba anda cari baris yang tertulis: TERBILANG = teks & ” Rupiah”, nah tulisan rupiahnya di hapus aja… semoga membantu

Abu Naufal  on January 29th, 2010

Pak nambah lagi kalau mau lihat cell di ms excel misal ada angka :
10278-1
10278-2
10278-3
10335-1
10256-1
10278-4
13356-25
10435-12
kalo saya mau nyari hanya angka 10278,,,dan yang keluar itu semua angka yang berawalan 10278,,gimana caranya yah pak,,makasih sebelumnya

Bart. Edi  on January 29th, 2010

@Abu Nafal: Pakai formula LEFT aja pak, kalo dalam kasus bapak, ketikan =LEFT(cell;5), cell refer ke cell data anda.

yinyen125  on February 3rd, 2010

pake filter aja..select columnnya trs klik kanan n klik filter, n pilih tanda panah kebawah di kanan atas cell pilih yg mau di filter :D

nancy  on February 5th, 2010

dear pak edi,
mohon info kalau mau memisahkan kata terbilang di bilyet giro, karena kalau jadi satu baris tidak cukup. tks infonya

sadikin  on April 8th, 2010

kalau menggunakan bahasa c++ gmn pak? mohon infonya

Bart. Edi  on April 8th, 2010

@sadikin: aduh pak maaf… saya ngga pernah pake C++, mungkin dari syntax saya itu, anda bisa mengambil logika nya terus di ubah ke C++

shakur  on May 15th, 2010

makasih pak artikelnya saya sudah mencoba dan berhasil, tapi terbilangnya menjadi pembulatan ya pak, gimana caranya agar terbilang sesuai dengan nilainya pak?

haery  on May 20th, 2010

link terbilang ms access indo n english silahkan coba aja

http://rapidshare.com/files/389589716/terbilang.mdb.html
http://www.4shared.com/document/V4mTfPcn/terbilang.html

And0_1982  on May 25th, 2010

Terima Kasih Banyak Pak atas Blog yang anda buat
Ini sangat membantu saya…

Dan Skarang saya sedang mendalami MS Access.
Mungkin Bapak dapat membantu saya untuk belajar lebih mengerti MS access 2003.
Mungkin seperti dalam pembuatan Queries yang di mana saya harus menggabungkan kelompok proses produksi
*Contoh:
Proses produksi terdiri dari 3 proses yaitu BOR, FRAIZ dan CROSS CUT.
Entryan pada tabel adalah sbb:
Fraiz sejumlah 3 set
Bor sejumlah 2 set
Cross Cut sejumlah 3 set
Pada Qeuries akan muncul 3 entrian seperti di atas sedang kan saya inginkan menjadi
PROSES sejumlah 8 set
MOHON BANTUANnya….
Saya tunggu balasanya di email saya.
Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih.

goesdesz  on May 31st, 2010

Salam………….
terima kasih….artikel ini sangat membantu saya dalam tugas saya..
tapi saya mau tanya,saya masih gaptek gitu pak, terutama di dalam excel dan menemui masalah dalam pengerjaannya..
Ceritanya saya di minta membuat program perhitungan pinjaman dengan menggunakan jatuh tempo…sebagai contoh:
NO Nama TglPinjaman Angsuran Jatuhtempo JmlPembayaran JmlAngsuran
1 A 12-05-10 Hari 150hari 10.000

2 B 12-05-10 Minggu 20minggu 20.000
3 C 12-05-10 Bulan 10bulan 15.000

Pada tabel diatas terdapat data tanggal pinjaman dan pembayaran angsuran serta Keterangan
Pembayaran. Saya ingin setiap kali saya memasukkan data Tanggal pembayaran, Pembayaran Angsuran serta keterangan pembayaran, di kolom jatuh tempo secara otomatis menghitung tanggal jatuh tempo berdasar pada tanggal pinjaman dan jumlah pembayaran…kira-kira bagaimana prumusan dalam excelnya yah…?mohon bantuannya…

Terima kasih…

dani  on June 27th, 2010

mohon bantuannya….
bagaimana cara mangganti huruf terbilang yg sdh ada, dari huruf kecil ke huruf besar atau sebaliknya. Terimakasih

Bart. Edi  on June 27th, 2010

@dani: pake UPPER aja mas..

Alfan Kediri  on July 1st, 2010

Mas Edi: matur nuwun…..
tipsnya membantu…
tapi mas, kadang bisa kadang juga tidak.
kenapa yach…?

taufik  on July 21st, 2010

Saya udh coba mas, tapi gak bisa…
muncul #name!
salah diapanya ya?

tazmania  on July 26th, 2010

pak, saya pinginnya ga pake huruf kapital semua, jadi misalya 2.142 ==> Dua Ribu Seratus Empat Puluh Dua..
Soalnya kalo saya pakai punya bapak, keluarnya jd gini : Dua Ribu SeRatus Empat Puluh Dua

gmn y pak..??
mohon bantuannya..

thx b4

Deddy  on August 18th, 2010

Malam semuanya………

aku sgt tertarik n udah dipraktekkan ternyata hasilnya sangat membantu aku dalam pekerjaan dikantor namun ada sedikit kendala.

setelah aku coba terbilang yang didepan huruf besar semua namun untuk rupiah ditulis dengan huruf kecil.

misanya :

angka Rp. 1.000
terbilang hasilanya ” SERIBU rupiah ”

mohon petunjuk.

Deddy  on August 18th, 2010

Selamat pagi rekan-rekan……

aku mau nambahin pertanyaanku kepada rekan-rekan senior kenapa penulisan angkanya tidak diawali dengan huruf besar dahulu……

cth…..

angka : Rp. 1.250
tulisan : seribu dua ratus lima puluh ribu rupiah

yang ku maksud,

angka : Rp. 1.250
tulisan : Seribu Dua Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah

mohon petunjuk…….

andy  on August 20th, 2010

mas Edi… kok g’ permanen yaa…!!
gimana caranya biar bisa permanen, jadi kerjanya g’ ngulang2 terus….thanks

Bart. Edi  on August 26th, 2010

@Deddy: pake formula UPPER aja….

motorbreath  on August 27th, 2010

sekedar berbagi fungsi terbilang punya saya http://norkuys.wordpress.com/2010/08/27/add-ins-terbilang-23-baris/

jamie  on September 8th, 2010

Txs banget mas udah bisa running

seeep

agung ws  on September 19th, 2010

sy punya yg lbih sderhana sy bsa kirim ke email anda hanya 1 sheet excel + ptunjuk pemakaian dari angka 1 s/d 999.999.999. Hub 081354565348 an. Agung

astawa  on October 4th, 2010

tq

Ruddy Andiawan  on October 15th, 2010

Mas, Edi sebelumnya saya banyak berterima kasih dengan adanya fungsi terbilang ini. karena ber manfaat buat saya. saya mau tanya kalau rumus terbilangnya menggunakan bahasa inggris gimana mas !!

makashi sebelumnya

Meyrina  on November 11th, 2010

makasih ilmunya … ;)) cuma agak sedikit repot…ko setiap buka excel sy harus program kembali ato memang seperti itu yah…ngk langsung kesave di fx… ty

dsan  on November 14th, 2010

keren…. ga sah ngetik2 lagi kalo mo rapotan… cihuy.. tq… ijin kopas yah… :D…
btw, klo tiap buka lagi kok ga langsung bisa yah?? knapa neh??
tq
maju terusss…

Ahmad  on November 27th, 2010

1. mas kalo pingin huruf yang didepannya menjadi huruf besar caranya gimana..?contoh “Dua juta rupiah”

2. kalo ingin menjadi format seperti ini caranya gmn..?
contoh :
1.965.322
(Satujuta sembilanratus-enampuluhlimaribu tigaratus-duapuluhdua rupiah)

thks bgt..

QOSYM  on December 18th, 2010

sorry mau nanya ni, alnya gaptek…. kalo mau ngilangin kata “rupiah” nya gimana boss….

eko t  on December 21st, 2010

trims infonya, sangat bermanfaat, ijin saya copy

GMT  on December 28th, 2010

Mksie ats sharex. .
GMT´s last blog post ..GMT – JASA PENANGANAN CARGO

DMC  on December 28th, 2010

Terimaksih… tutorial yg sangat bagus..

diffz  on February 1st, 2011

ga bisa kenapa ya mas, selalu debug setiap kali memulai misal =terbilang(A1) selalu dibawa ke VBA editor dan muncul peringatan debug. mhn bantuannya
diffz´s last blog post ..Konversi Angka menjadi Huruf dengan Rumus Excel

diffz  on February 1st, 2011

setelah ditulis rumus terbilang dan di enter jd debug
diffz´s last blog post ..Konversi Angka menjadi Huruf dengan Rumus Excel

andi  on March 22nd, 2011

Berhasil….. Makasih

LUKI  on April 14th, 2011

SEMOGA Tuhan memberi kebaikan kepada anda

Victor  on April 15th, 2011

thank you veri much mas Edi, it works

fahrudin  on April 30th, 2011

wah keren syaa lagi belajar diit nih tentang visual basik h ehe he

kayu jabon

jabon

jasa ekspedisi

cevi  on May 19th, 2011

selamat siang pak EDI, saya mau tanya, kalau untuk membuat angka menjadi huruf gimana caranya pak.

contoh:
nilai si ANDI mendapatkan angka 6,35.
untuk merubah menjadi huruf (enam koma tiga puluh lima) gimana caranya pak.

nilai tersebut untuk membuat SKHUN/hasil nilai ujian.
mohon bantuannya pak.
terimakasih.

Princessa  on May 30th, 2011

Thanks Bro. Resep Anda sungguh Maknyos. Td uda saya aplikasikan ke File saya & “BERHASIL!!!!!!!”
LUAR BIASA!!!

wahyu  on July 6th, 2011

mantap, trim…kasih atas ilmunya

Anton  on July 12th, 2011

Sudah saya coba, n bisa. thanks ya. masalahnya jika ada desimalnya selalu terbialnganya dibulatkan ke atas. misalnya : 2,999 atau 2,5666 selalu terbaca tiga rupiah. bagaimana ya caranya supaya tetap terbaca dua rupiah. dan cara liat vb yang sudah kita create tadi gimana ya? terima kasih infonya. :)

firman  on July 14th, 2011

pak, saya mw tanya..
g mn klo ngrubah format ny
misal:
Rp. 3,435,567,987.23

dibaca:
tiga miliar empat ratus tiga puluh lima juta lima ratus enam puluh tujuh ribu sembilan ratus delapan puluh tujuh 23/100 rupiah.

mohon bantuannya pak…
trims.

DIDA  on July 29th, 2011

pak, gimana caranya biar rumusnya itu menjadi paten( gak selalu ngaktifin notepad nya pada saat kita mo make rumus terbilangnya). atau mungkin bisa di add ke fungsi rumus seperti contoh fx( SUM, If, Vlookup, dll) Makasih, ditunggu banget nih solusinya

reta  on August 13th, 2011

pak, sy mau nanya apakah hasil terbilangnya bisa dijadikan 2 cell karena cell yg saya pake tidak cukup 1 cell, trus gimana caranya spy terbilang yang tdk cukup di cel pertama bisa dilanjutkan di cell berikutnya, tks

@fie  on September 7th, 2011

Mas edi, koq setelah aq coba angka 15,902,301 hasilnya gak ada satu rupiah??? dia malah langsung pembulatan tiga ratus rupiah…

gimana tuh?? mohon bantuannya

Andri  on September 14th, 2011

Sudah Saya coba tapi yang muncul tetap rumusnya =TERBILANG(Cell)

Andri  on September 14th, 2011

Gimana caranya supaya muncul huruf terbilangnya Pak? Mohon jawabannya.

adhy  on September 28th, 2011

gmana caranya kalau kita mau menambahkan spasi…..??? tlong yah pak dbantu……

Renando Hari  on October 8th, 2011

Mas Edi….Maksih banyak, saya terbantu sekali
Semoga Pak Edi tetap dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, Sehat-sehat dan murah Rezeki

Bart. Edi  on October 8th, 2011

@Renando Hari: makasih Pak atas doanya, senang bisa sedikit membantu Bapak…..

lnau  on October 24th, 2011

siip sangat berfungsi dan bermanfaat buat saya. terima kasih.

bautinja  on October 31st, 2011

keren bro

endri  on November 8th, 2011

Bpk edi, terima kasih atas ilmunya, sangat bermanfaat..
saya ingin membuat tombol print di excel supaya bisa langsung print, mohon bantuanya.

terima kasih sekali lagi atas bantuannya

Anto  on November 10th, 2011

Bos edi.. Mohon bantuannya nih.. Kalau dalan satu kolom ada nilai rupiah dan dollar, bagaimana cara supaya summary-nya terpisah?? thx a lot..

nimrod  on November 16th, 2011

makasi banyak Pak..
sangat membantu saya..
Mudah2an iLmu nya bertambah bertambah dan semakin bertambah..
:D

siuyen  on November 16th, 2011

dear pak edi,
mohon info kalau mau memisahkan kata terbilang di bilyet giro, karena kalau jadi satu baris tidak cukup. tks infonya

Software « nedscano  on November 24th, 2011

[...] Pengalaman ku pada saat menggunakan Exel 2007.  terbayang donk jika bicara tentag exel yang terfikir adalah pekerjaan yang berhubungan dengan angka-angka …… nah setiap hari pekerjaan saya menggunakan exel dan di bagian terbilangnya saya selalu mengetik manual seperti yang tertera. jadi terfikirkan bagaimana ya agar saya tidak selalu mengetik nya. dan hasilnya tu pasti ga salah.. jadinya saya menemukan Program Terbilang Pada Exel 2007. yang bisa anda download disini. [...]

Syamsuddin  on November 28th, 2011

terima kasih ….rumusnya bisa di jalankan

syamsuddin  on December 5th, 2011

Maaf pak program macronya masih ada yang salah …terbilang tidak dapat menulis angkah yg betul (1001219 = SATU JUTA SATU RIBU DUA RATUS SEMBILAN BELAS Rupiah) mungkin bisa di cek kembali…atau di revisi kembali

terimah kasih

ZE  on December 7th, 2011

TKS

deddy kurniawan  on December 14th, 2011

mas saya uda berhasil tapi rupiahnya kenapa menjadi huruf kecil sementara yg lain huruf besar

Asep Sopandi  on December 18th, 2011

Ass.Wr.Wb
Trims, makro pengubahan angka ke terbilangnya.
Ada yg ingin saya tanyakan, saya punya format isian sederhana di excel, copy dari orang lain, saat mengisi salah satu cell, muncul peringatan pemiliknya, saya coba hapus cell tsb, tetap saja muncul peringatan tsb, bahkan coba saya buang cheklist protection pada format cells, saat diisi cell tsb selalu muncul peringatan “harap diisi min 3 karakter…….”.
Trims sebelumnya.

Asep Sopandi  on December 19th, 2011

Ass.Wr.Wb
Trims, makro pengubahan angka ke terbilangnya, alhamdulillah sudah berhasil.
Ada yg ingin saya tanyakan, saya punya format isian sederhana di excel, copy dari orang lain, saat mengisi salah satu cell, muncul peringatan pemiliknya, saya coba hapus cell tsb, tetap saja muncul peringatan tsb, bahkan coba saya buang cheklist protection pada format cells, saat diisi cell tsb selalu muncul peringatan “harap diisi min 3 karakter…….”.
Trims sebelumnya.

Bart. Edi  on December 22nd, 2011

@Asep Sopandi: wah saya harus lihat script nya untuk tahu penyebabnya Pak…..

ARMAN  on December 23rd, 2011

Siang pak, di saya kok muculnya #NAME? YA??? KNP APAK??

Bart. Edi  on December 23rd, 2011

@ARMAN: macro nya kali masih di disable ato di blokir pak

ROMLI  on December 25th, 2011

pak bro,, gimna caranya memberi tombol print pada excel, sehingga kita tidak lama untuk ngeprint

Bart. Edi  on December 26th, 2011

Pake excel versi berapa? Kalo 2007 keatas di quick access (bagian atas) di klik panah ke bawah dan Anda bisa tambah bacyak shortcut disitu termasuk Print

hilman  on December 28th, 2011

pak tolong penjelasan dunk tentang penambahan dalam xl.

uang saya 500.000 di kolom A1
kolom A2 ada pemasukan 50.000
begitu kolom ke 3 ada pemasukan 100.000

nah yang jadi pertanyaan kalo penambahan itu berbeda-beda hingga A100, rumusnya gmn?kalo nilai akhirnya di masukan ke kolom F10

masa ditambah satu-satu kayak gini (=A1+A2+A3+A4+A5…A100)

mohon pencerahan

L  on January 1st, 2012

Thks infonya sir, saya share ya pak , trims

reynaldo  on January 13th, 2012

Mohon Bantuannya..

klo terbilang tanggal ada ga yach?

misalnya 12 Desember 2011 or 12/12/2011

saya pengen hasilnya menjadi :

” Dua Belas Desember Dua Ribu Sebelas ”

Mohon petunjuk dan bantuannya

Thanks

Reynaldo

Hendro C  on January 16th, 2012

Ada beberapa pertanyaan yang tak terjawab, misalnya:
1. Bagaimana setiap mau mulai excel tidak usah bikin macro lagi.
Jawab serius: Simpan pake excel template aza

2. Terus bagaimana menghilangkan kata ‘rupiah’
Jawaban tidak serius: Buang tulisan ‘rupiah’ di macro, terus kalau nampilkan lagi, tulis lagi.

3. Terus kalau mau nampilkan terbilangnya huruf Besar di setiap katanya…. (tidak pernah di jawab)

Hendro C  on January 16th, 2012

Saya kasih solusi sedikit untuk masalah poin 2 dan 3.
Solusi:
Fungsi terbilang di modifikasi dikit menjadi
Public Function TERBILANG(x As Double, Optional bRupiah As Boolean = False, Optional bTitleCase As Boolean = False) As String

Keterangan: dua buah variabel tipe boolean (bRupaih dan bTitleCase) bersifat Optional jadi kalau tidak diisi nilainya False semua. Misalkan saya menulis fungsi di Sheet =TERBILANG(A2) berarti bRupiah = False dan bTitleCase = False yang dikonsepnya berarti tidak pake kata ‘rupiah’ dan hurufnya gede semua.

Hendro C  on January 16th, 2012

Langkah berikutnya…
Diakhir fungsi TERBILANG tersebut yang ada tulisan kaya gini.

teks = teks & ratusan(x, False)
TERBILANG = teks & ” Rupiah”
End Function

Modifikasi sedikit menjadi:

teks = teks & ratusan(x, False)
If bRupiah = True And bTitleCase = False Then
TERBILANG = UCase(teks & ” Rupiah”)
ElseIf bRupiah = True And bTitleCase = True Then
TERBILANG = TitleCase(teks & ” Rupiah”)
ElseIf bRupiah = False And bTitleCase = False Then
TERBILANG = UCase(teks)
ElseIf bRupiah = False And bTitleCase = True Then
TERBILANG = TitleCase(teks)
End If

Maksudnya:
Perintah IF… ELSEIF… diatas ngecek apakah bRupiah dan bTitleCase di set True atau sebaliknya (False)

Hendro C  on January 16th, 2012

Kemudian langkah terakhir
buat Fungsi TitleCase (Untuk mengubah huruf awalnya gede semua), seperti berikut ini.

Function TitleCase(sInput As String) As String
Dim lngString As Long, chrTmp As String, sTmp As String, sLast As String
sTmp = CStr(LCase(sInput))
sLast = ” ”

For lngString = 1 To Len(sTmp)
chrTmp = Mid$(sTmp, lngString, 1)
If sLast “z” And sLast = “a” And chrTmp = “à” Or sLast <= "þ") Then
Mid$(sTmp, lngString, 1) = UCase$(chrTmp)
End If
End If
sLast = chrTmp
Next lngString
TitleCase = sTmp
End Function

Hendro C  on January 16th, 2012

Terus menggunakan fungsinya bagaimana? Sama seperti cara sebelumnya, jika A2 berisi 1234, maka, jika ditulis:
=TERBILANG(A2;FALSE;FALSE)
atau cukup ditulis:
=TERBILANG(A2)
menghasilkan: SERIBU DUA RATUS TIGA PULUH EMPAT

Jika ditulis:
=TERBILANG(A2;TRUE;FALSE)
atau cukup ditulis:
=TERBILANG(A2;TRUE)
menghasilkan: SERIBU DUA RATUS TIGA PULUH EMPAT RUPIAH

Jika ditulis:
=TERBILANG(A2;FALSE;TRUE)
atau cukup ditulis:
=TERBILANG(A2;;TRUE)
menghasilkan: Seribu Dua Ratus Tiga Puluh Empat

terus jika ditulis:
=TERBILANG(A2;TRUE;TRUE)
menghasilkan: Seribu Dua Ratus Tiga Puluh Empat Rupiah

Catatan: Jika penulisan rumus menghasilkan error, coba ganti titik koma(;) dengan koma (,) misalkan diubah menjadi
=TERBILANG(A2,TRUE,TRUE)

THANK’S

Hendro C  on January 16th, 2012

Oh ya, Fungsi TitleCase bisa digunakan untuk mengubah huruf awal gede dan huruf berikutnya kecil.

Misal Cell A5 menggandung teks:

poLItekNIK NegERi poNTIANaK

Jika kita gunakan fungsi diatas maka ditulis

=TITLECASE(A5)

akan menghasilkan:

Politeknik Negeri Pontianak

Fungsi ini mirip Fungsi PROPER (Fungsi Built-in Excel), cara menggunakannya mirip:

=PROPER(A5)

THANK’S

Bart. Edi  on January 16th, 2012

@reynaldo: wah harus buat script nya lagi tuh pak….

Bart. Edi  on January 17th, 2012

@Hendro: terima kasih atas jawaban-jawaban nya Pak, koreksi saja mungkin untuk fungsi TITLECASE yang Bapak tulis bisa menggunakan saja PROPER -> =PROPER(TERBILANG(XX))….

Hendro C  on January 17th, 2012

Yup, Fungsi TITLECASE emang mirip Fungsi built-in Excel PROPER. Saya hanya mencoba memberi sampel untuk yang lagi seneng ngotak-ngatik macro-nya excel.
Hendro C´s last blog post ..PENGUMUMAN PENGAMBILAN FOTO UNTUK KELENGKAPAN e-IDP

Hendro C  on January 17th, 2012

Oops, koq ada link dikomentarku, admin tolong dihapus linknya. Thank’s.
Hendro C´s last blog post ..PENGUMUMAN PENGAMBILAN FOTO UNTUK KELENGKAPAN e-IDP

Johan  on January 19th, 2012

thx gan, sangat manjur, tapi hanya ngebacanya hanya sampai bilangan 100 triliun ya, cara menaikkan bacaannya gimana yah gan ????

Bart. Edi  on January 23rd, 2012

@Johan: masalahnya saya ngga pernah buat kuitansi sampai di atas 100 triliun pak, jadi untuk lebih dari itu harus ubah script nya lagi pak.

lely  on February 2nd, 2012

trimakasih banyak prof Edi.. :D

anto  on February 11th, 2012

thanx y mas eddy….lancar marapat macross terbilangnya…..pernah saya dapet yg 52.251.600 dibacanya Lima puluh dua juta dua ratus lima puluh seribu enam ratus rupiah…..
klo macros dr mas eddy maknyossss…..semoga sukses n tmbh pintar

Fungsi Terbilang Di Microsoft Access « ndsaputri  on March 5th, 2012

[...] kasih atas tanggapan yang menyenangkan di artikel Membuat Fungsi Terbilang di Microsoft Excel, melalui email atau komentar. Lalu di halaman ini, ada permintaan atas artikel pembuatan fungsi [...]

LIANA  on March 17th, 2012

thank ya mas….semoga bisa
berbagi ilmu yang lain
kerjaan saya terbantu nie:)

IAN  on March 20th, 2012

thanks… its work…

panjul  on April 20th, 2012

jasa konversi file: http://sip.net46.net/fileconversion

Riza Syakbandi  on June 21st, 2012

Its works!!!
Selamat, sampai saat ini ilmu anda masih bermanfaat, thanks sob…..
Thank you very much…

yudi  on July 11th, 2012

terima kasih mas atas sharing ilmunya. berguna buat tugas saya. thx

marco  on July 18th, 2012

mas , mau nanya ni , kalau mau buat Sebelas Juta gmna ya ?
soal ny klo pake program yg ini ntar hasilnya : SeBelas Juta
membuat B di kata “Belas” jadi huruf kecil gmna yaa mas ?
thanks before yaa
^^

chi-tin  on August 29th, 2012

keren infonya pak, thanks a lot
tadinya saya cuma mau tau kalu terbilang seperti Rp. 5.851.759,- ini dibacanya apa ( hehehe…. ) tapi setelah cari2 malah ketemu info yg keren nie. akhirnya saya bukan cuma tau terbilangnya, malahan bisa copy rumusnya…
makasih banyak yo pak

chi-tin  on August 29th, 2012

o ya pak, ada yg ketinggalan, bagaimana jika inging menuliskan terbilang itu dalam 2 baris/lebih?
bisa ga kalo penulisan rupiahnya jg menggunakan huruf capital seperti angka terbilangnya?

terimakasi

chi-tin  on August 29th, 2012

@ Marco : kalau saya menggunakan rumus ini, tulisannya SEBELAS JUTA RUPIAH, tidak ada masalah..

@ pak edi : saya sudah ketemu cara untuk membuat tulisan rupian menjadi huruf capital, trimakasih

Eva  on January 17th, 2013

mas sy gak bisa”,,,
keluar perintah #NAME#… solusinya gmn ya mas,,,
trimss…

Eva  on January 17th, 2013

mas sy blm bisa”,,, kluar #NAME#,,
gmn mas solusix,, trims

Herman Leftungun  on March 21st, 2013

Mantap

rifai  on December 23rd, 2013

Kalau 123,123 (seratus dua puluh tiga koma satu dua tiga bgmn caranya gan?? Trims infonya sebelumnya

RIFAI  on December 24th, 2013

kalau 123,123 menjadi tertulis “seratus dua puluh tiga koma satu dua tiga” bagaimana caranya mas

maria rosa  on April 30th, 2014

bagaimana cara menghilangkan”Ambiguous name detected:terbilang?, nuwun

hadi  on July 16th, 2014

ada yang punya rumus bikin giro bca di excel?
please gaptek soalnya :<

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge