Mematikan Fungsi Post Revisions WordPress

WordPress memang mesin yang handal untuk mengatur blog-blog kita. Banyak sekali fitur yang bisa kita nikmati di dalamnya. Salah satunya adalah Post Revisions. Dengan fitur satu ini, WordPress akan menyimpan setiap perubahan di setiap post atau artikel kita dan kita bisa melihat revisi-revisi itu bahkan kita bisa membandingkan antar revisi.

Tapi sayangnya fitur ini akan memakai space database MySQL anda apalagi kalau anda sering melakukan revisi pada artikel-artikel blog anda. Sesuai dengan apa yang saya alami selama ini, satu artikel minimal saya melakukan 4 kali revisi. Itu artinya saya memakai paling tidak 5 baris dalam table wp_posts di database MySQL saya. Tentu itu pemborosan yang luar biasa, untungnya jumlah post saya baru 175 an, kalo sudah ribuan tentu ada akan ada puluhan baris record yang terbuang sia-sia hanya untuk menyimpan revisi-revisi kita.

Akhirnya saya mencari cara untuk mematikan fitur ini dan akhirnya saya menemukannya, berikut langkah-langkah yang saya tempuh:

  1. Edit file wp-config.php anda. Anda bisa menemukan file ini biasanya di folder public_html.
  2. Tambahkan perintah ini: define('WP_POST_REVISIONS', false);
    wp_config 
  3. Simpan file wp-config.php anda.
  4. Login ke WordPress admin anda dan coba buat post baru, dan lihat apakah masih ada kolom Post Revisions di halaman post anda, kalau anda tidak melihatnya berarti anda sudah berhasil mematikan fitur Post Revisions.

Untuk mengaktifkan fitur Post Revisions lagi, tinggal edit file wp-config.php anda dan hapus baris: define('WP_POST_REVISIONS', false);.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

3 Komentar

hack87  on March 27th, 2009

artikel yang sangat berguna mas

artikel terakhir hack87 | Anda Tahu Muslim Rohingya?

hery  on April 4th, 2009

apik tenan mas artikel nya matur suwun

dr.  on July 3rd, 2010

mas..mo nanya nih…kalo untuk mempercepat kinerja fire fox lewat auto:config nya sudah jelas nih… tapi kalo untuk mematikan akses about:config nya apa bisa mas..? kalo bisa … mohon penjelasannya mas…? thanks…

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge