Lebih Sehat Dengan Monitor Kita

Dengan dirilisnya teknologi monitor LCD buat para pengguna komputer, sebenarnya ini adalah teknologi yang lebih sehat dibanding dengan monitor tabung yang kita gunakan sebelumnya. Belum lagi harganya yang semakin hari semakin turun saja. Kenapa LCD lebih sehat? Ya, karena LCD tidak menggunakan ‘kedipan’ untuk menampilkan tampilannya, tetapi dengan aktifnya matrix-matrix di panel monitornya. Hal ini tentu bertentangan dengan monitor CRT/tabung yang dulu kita gunakan.

Monitor CRT menggunakan cara merefresh tampilannya, maka dari itu kita merasakan bahwa monitor CRT kita serasa bergetar atau berkedip-kedip. Biasanya di jaman sekarang ini, kedipan yang dihasilkan minimal adalah 60Hz. Semakin berkembangnya teknologi monitor dan kartu grafik, maka kedipan/refresh rate yang bisa ditampilkan bisa mencapai 120Hz (CMIIW). Semakin tinggi Hz yang dihasilkan maka mata kita semakin tidak lelah mengikuti kedipan monitor. Maka 85Hz lebih baik daripada 60Hz.

Jika kita menggunakan monitor seperti biasa, maka yang ditawarkan oleh produsen monitor dan kartu grafik biasanya 85Hz. Untuk merubah refresh rate di komputer kita langkah yang diambil sebagai berikut:
1. Klik Start -> Control Panel.
2. Klik ganda ikon Display.
3. Klik tab Settings lalu klik tombol Advanced.

4. Klik tab Monitor.
5. Pilih di combo box Screen refresh rate, pastikan radio box Hide modes that this monitor cannot display dalam keadaan tercentang. Hal tersebut untuk menyembunyikan refresh rate yang tidak bisa ditampilkan oleh monitor anda. Karena jika anda memasang refresh rate terlalu tinggi angkanya, monitor anda akan flicker. Dan pastikan anda memilih refresh rate yang paling tinggi yang tersedia di pilihan. Lalu klik tombol OK dan monitor anda langsung merubah refresh rate-nya seketika.

Setelah itu, dijamin mata anda akan semakin nyaman saja melihat monitor kesayangan kita.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge