Kisah Sukses Google

Membaca buku Kisah Sukses Google membuat paradigma terhadap pengelolaan terhadap suatu perusahaan di mata saya menjadi berbeda sama sekali. Terutama jika anda adalah seorang karyawan dari suatu perusahaan yang di kelola secara konvensional, tentu buku itu dapat menggugah anda untuk dapat lebih memberdayakan diri menjadi karyawan yang super. Bagi anda seorang pemilik perusahaan, buku itu dapat merubah paradigma anda untuk mengelola perusahaan anda menjadi lebih produktif dan ‘tampil beda’.

Di mulai dari penampilan dan seragam karyawan Google yang jauh dari formal. Anda bisa memakai pakaian santai disana karena Google menginginkan para karyawannya mengenakan pakaian senyaman mungkin ketika mereka bekerja. Mereka juga bisa membawa anak-nya dan hebatnya Google menyediakan jasa penitipan anak di dalam lingkup perusahaannya di Mountain View sana dan mutu penitipan anak ini ngga ecek-ecek, tapi jasa penitipan anak professional!

Dari ritme kerja-nya, dibuat senyaman mungkin bahkan didalam kantor Google disediakan jacuzy untuk para karyawannya. Bagaimana dengan makan? Wah, ini lebih-lebih… Google meng-hire seorang chef professional untuk menyediakan makanan bagi para karyawannya.

Dan satu poin yang saya perhatikan benar-benar hebat adalah para karyawannya disediakan waktu 20% dari jam kerja-nya untuk membuat proyek-proyek pribadi mereka. Lho opo ndak edhan!

Lalu bagaimana dengan pekerjaannya? Google membiasakan diri dengan target proyek. Jadi yang diutamakan dan dituntut dari perusahaan Google kepada para karyawannya adalah tujuan proyek-proyek yang mereka buat. Lalu kenapa ada 20% ‘free time’ buat para karyawannya untuk membuat sesuatu dari ide-ide pribadi mereka? Kekuatan perusahaan adalah salah satunya dari pemikiran-pemikiran dari para karyawannya. Jika mereka diberikan 20% jam kerjanya untuk ide-ide mereka, siapa tahu salah satu ide tersebut menjadi sesuatu yang hebat?

Ternyata Google memang bukan perusahaan yang biasa…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

2 Komentar

falaq  on June 15th, 2014

mantap..

Erress  on October 6th, 2015

kisah sukses yang luar biasa

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge