Kekuatan Tombol Tab

Jika anda adalah seorang penggunan MS-DOS dan masih menggilainya sampai hari ini. Tentu anda sudah berhadapan dengan DOS console yang sekarang ada di dalam Windows XP. Tentu menggunakan perintah-perintah DOS masih menyenangkan bahkan di era yang serba grafis ini. Di bagian perkembangan yang lain, sejak Windows 95, Microsoft sudah mengaplikasikan penggunaan long file name system di dalamnya. Memang nama panjang untuk nama file atau folder ini sangat menyenangkan bagi kita, karena nama file bisa semakin mewakili isi yang dikandungnya.

Sayangnya, ini juga kabar buruk bagi pengguna DOS console. Misalnya, jika anda mempunyai nama file Laporan Penjualan Jepit Rambut Warna Merah Bulan Juli 2005.doc kita akan kesulitan jika menuliskannya secara manual.
Untungnya, Microsoft menyadari hal ini dan mengaplikasikan kemudahan seperti di UNIX system, yaitu fasilitas auto complete typing.

Kalau di lingkungan DOS console yang ada di didalam Windows XP, anda cukup menggunakan tombol TAB untuk melengkapi nama file yang akan anda tulis. Sekarang sebagai percobaan, buka DOS console anda dengan mengetik cmd di kotak Run lalu tekan Enter. Di prompt, untuk mengetikkan nama Laporan Penjualan Jepit Rambut Warna Merah Bulan Juli 2005.doc, cukup ketikkan Lap lalu tekan tombol Tab lalu viola… nama file anda akan terketik secara lengkap.

Bagaimana jika di dalam folder tersebut ada banyak nama file yang depannya Laporan? Tenang saja, tetap ketik Lap lalu tekan Tab secara berulang-ulang sampai anda mendapatkan nama file anda. Untuk membuka file tersebut, tinggal tekan Enter saja.

Anda dapat mengkombinasikan cara tersebut dengan suatu perintah DOS. Misalnya jika anda ingin menyalin file tersebut ke flash disk anda (kita anggap flash disk memiliki drive letter F:), tinggal ketik copy Lap(tekan tab disini sampai anda mendapatkan nama file anda) f:

Mudah bukan?

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge