Image Browser Favorit

Tentu anda mempunyai aplikasi penjelajah kesukaan sendiri-sendiri tentu dengan alasan yang juga pribadi. Jika ditanya, kebanyakan banyak yang memilih ACDSee sebagai image browser favorite-nya. Cuman sayang lama-kelamaan ACDSee menjadi image browser yang lambat dan berat dan juga berbayar. Akhirnya saya memutuskan mencari aplikasi penjelajah gambar yang bagus dan gratis.Akhirnya, saya menemukan Picasa yang sekarang sudah dikembangkan oleh Google. Aplikasi yang sudah ber-versi 2 ini ketika tulisan ini dibuat mempunyai segudang fasilitas yang bisa menjadi alasan untuk menyukai aplikasi ini. Meskipun gratis, tapi fasilitas yang disediakan Picasa tidak main-main. Seperti bisa membuat Slideshow dan diburning ke CD langsung, edit cahaya gambar, memberikan efek-efek yang bagus, backup gambar langsung ke CD, batch rename (ini yang paling saya butuhkan jika akan memberikan nama banyak gambar ke dalam satu artikel website, jadi ngga usah menamainya satu-satu) dan tentu saja pencarian gambar yang secepat kilat.

Pesan saya cuman satu, jika anda mempunyai folder yang isinya sering ditambah dengan gambar bari, buatlah Picasa untuk selalu me-scan folder tersebut sehingga jika ada gambar baru langsung terindex oleh Picasa. Anda bisa set itu melalui menu Tools -> Folder Manager… Di Folder Manager, klik folder dimana koleksi photo anda berada. Setelah folder terklik, pilih opsi Scan Always lalu klik tombol OK. Dengan begitu folder anda akan terus ‘diawasi’ oleh Picasa jika ada file baru.

Folder Manager Picasa

Nah, dengan segudang fasilitas tersebut tentu membuat saya semakin sayang dengan aplikasi satu ini. Lalu apa aplikasi penjelajah favorite anda? Tentu saja harus yang freeware…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge