IBM Lotus Symphony

Sudah lama saya mendengar tentang lanjutan dari seri aplikasi yang di tahun 80’n sangat terkenal yaitu Lotus 1-2-3. Kalau ada sudah berkecimpung di dunia komputer di tahun 80-90 tentu anda sudah pernah mencoba aplikasi spreadsheet yang sangat terkenal itu. Nah, IBM bermaksud untuk melanjutkan aplikasi yang luar biasa itu dengan menjelma menjadi IBM Lotus Symphony dan yang mengagetkan saya adalah it’s free bro!

Ya anda bisa mengunjungi website IBM Lotus Symphony dan mengunduhnya secara gratis. Saya mendapatkannya melalui CD dari majalah PC Media, maklum saya ngga punya koneksi internet yang mumpuni. Ukuran file-nya hampir 200MB jadi kalau di unduh sendiri bisa berhari-hari tuh baru selesai.

Saya pun mencoba untuk install program tersebut di komputer saya, proses instalasi sangat mudah dan cuma memakan waktu sekitar 15 menit saja. Di Lotus Symphony kita mendapatkan tiga aplikasi tapi tergabung di satu suite saja yaitu Spreadsheet, Document dan Presentation. Kalau di Microsoft Office, Spreadsheet sepadan dengan Excel, Document dengan Word dan Presentation dengan PowerPoint.

Yang paling saya sukai dari program ini salah satunya adalah model tab nya. Jadi kalau kita sedang bekerja 3 pekerjaan spreadsheet, maka kita akan mempunyai 3 tab tersebut, tinggal klik tab-tab tersebut untuk berpindah antar tab. Bahkan kita kalau bekerja document dan spreadsheet pun kita akan bekerja masih dalam satu window.

Dan satu lagu fitur yang menurut saya jadi fitur masa depan adalah Plugins. Ya, selain Macro yang juga bisa dibuat di Symphony menggunakan bahasa BASIC juga seperti Microsoft Office dengan adanya Plugins anda bisa menambahkan fitur-fitur lain sesuai kehendak kita (inget ceritanya Firefox yang dengan Add-ons nya bisa membuat browser ini menjadi hebat). Untuk install plugins klik saja menu File -> Application -> Install.

Nah, ngga ada salah nya anda juga mencoba aplikasi yang ini…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

3 Komentar

ifa  on May 14th, 2009

salam kenal pak edi !
sebelumnya saya sudah menggunakan symphony yang tampilannya mah spt lotus 123 (layar hitam font hijau).
nah, saya sudah diberi prog ibm lotus symphony, tp saya bingung menggunakannya. jd bisa bantu saya untuk mendapatkan buku bantuan nya dan penerapan / pembuatan prog dari lotus symphony.
sebab saya sudah cari di bbrp toko buku di samarinda tidak ada. thx

Bart. Edi  on May 16th, 2009

@ifa: Di help-nya ngga cocok ama selera ya? ato di forum nya: http://symphony.lotus.com/software/lotus/symphony/ForumnsHome.nsf krn memang saya belum pernah lihat buku itu di toko

rahmat hidayat  on November 8th, 2009

saya sdh install dan sedang saya teliti antara 3 aplikasi Office baik dari Ms office, Open Office.org dan IBM Lotus symphony, ada banyak catatan ttg ke 3 hal tersebut, tdk lama lagi saya akan buatkan buku khusus untuk IBM Lotus Symphony nantinya. Salah satu adalah tentang syncronisasi terhadap metric page setup, ke 3 nya, harus mengalami penyesuaian lagi, bila disimpan dimasing masing file converternya masih banyak lagi, khusus untuk Ms Office saya sandingkan dg Ms Office 2000-2003, untuk Ms Office 2007, memang saya akui, ke dua produk diluar Ms tersebut belum dapat menandingi.

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge