Hobby Tulis Menulis? Jadikan Uang Saja.

Bisnis di internet makin hari makin hebat saja. Apalagi sejak model blog tercipta. Semakin banyak saja model-model bisnis untuk mencari uang di dunia maya ini. Salah satu nya adalah ulasan berbayar atau bahasa kerennya Paid Review service. Inti bisnis ini gampangnya adalah anda menulis tentang suatu artikel tentang hal yang telah di tentukan oleh perusahaan broker review, setelah selesai anda serahkan naskahnya dan jika pihak advertiser menyetujui maka uang bayarannya pun akan segera di kirim ke akun Paypal atau payment processor lainnya. Inti nya itu.

Sayangnya perusahaan broker itu kebanyakan menginginkan kita menulis dalam bahasa inggris. So, paling tidak anda menguasai bahasa inggris terlebih dahulu jika menginginkan menggeluti bisnis satu ini. Beberapa orang yang menggeluti bisnis ini sudah wanti-wanti agar anda tidak memakai aplikasi penerjemah Indonesia – Inggris karena hasil nya biasanya jadi wagu or aneh, dan kemungkinan besar ditolak oleh broker.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk menjadi penulis ulasan berbayar:

  1. Sementara belum ada broker ulasan berbayar Indonesia, anda harus bisa bahasa inggris paling tidak grammar dan spelling nya lumayan. Kalau belum, kursus aja dulu sekarang kan banyak kursus bahasa Inggris yang murah-murah atau belajar sendiri dengan membaca buku-buku belajar bahasa inggris.
    Jika anda sudah merasa lumayan tulislah artikel apa saja dalam bahasa inggris lalu suruh teman anda yang pandai berbahasa inggris untuk membacanya, jika sudah lumayan anda sudah mempunyai salah satu modal untuk berbisnis model ini.
  2. Bacalah permintaan advertiser hal-hal yang diinginkan mereka untuk di tulis di artikel berbayar anda. Jadi jangan malas membaca profil perusahaan mereka dulu setiap mau me-review mereka. Tentu saja kan.
  3. Jadilah word smart-er yang baik. Setiap selesai menulis, baca kembali hasil tulisan anda, enak ngga di baca. Hal ini bisa juga menjadi proses yang bahasa kerennya proof reading, karena ketika anda membaca kembali anda akan menemukan kesalahan-kesalahan kecil yang tidak sengaja diketik di artikel anda. Misalnya, kurang tanda baca, lokasi koma yang salah, grammar kurang pas, ejaan yang salah dan hurul kapital di setiap awal kalimat. Ini akan membuat artikel anda semakin profesional looking. Ya… harapannya sih kita bisa menjadi seorang profesional yang sebenarnya.
  4. Tepat waktu, selesaikan setiap proyek anda dengan secepatnya jangan suka menunda karena ini akan mempengaruh kredibilitas anda di mata para broker dan advertiser. Saya dulu sukanya begitu akhirnya yah… kredibilitas turun akhirnya jarang di beri job. Sekarang sih kalau ada job, langsung saya kerjakan, ya.. lama-lama sih job ada terus.
  5. Perhatikan porsi artikel berbayar dan artikel asli blog anda. Kebanyakan syarat nya adalah 1 dibanding 3. Jadi kalau artikel asli blog anda adalah 75 anda disarankan untuk mempunyai artikel berbayar sekitar 25. Kalau ingin tambah? Ya.. tambah terus artikel asli blog anda.

Ada banyak perusahaan broker yang bisa anda pilih, seperti Smorty, Blogsvertise, Sponsored Review, ReviewMe dan masih banyak lagi anda tinggal mencari nya di internet. Tapi ke empat perusahaan itu yang terbukti membayar saya he..he..he..

Bayarannya? Untuk pemula dari harga 6-10 dollar amerika, sekitar Rp.55.000, lumayan kan? Harga segitu untuk 200 kata atau 2-3 paragraf saja. Kalau kredibilitas anda naik begitu juga traffic dan Page Rank blog anda naik maka harga per artikel nya juga akan naik.

Musuh dari bisnis ini? Ternyata si raksasa Google, Google tidak suka dengan bisnis model seperti ini karena dianggapnya ngga jujur. Seperti yang anda tahu bahwa para Advertiser selain ingin link dari blog anda ke website mereka, mereka juga ingin menambah backlink-backlink ke website mereka agar PageRank mereka naik maka biasanya syarat blog yang bisa ikutan bisnis ini yang PageRank udah di angka 3. Hukuman dari Google? Macem-macem dari turunnya Page Rank blog anda atau index blog anda akan di babat habis dari database Google.

Tapi bisnis apa yang tidak ada resikonya?

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

2 Komentar

Hukuman Itu Datang Juga | Edi Susanto dot Com  on July 29th, 2008

[…] uang dengan model bisnis PTR (Paid To Review) memang bisnis yang bagus jika anda hobi menulis, karena sekali menulis satu artikel anda bisa […]

Penulis Berbayar « Mata Indonesia  on March 9th, 2011

[…] Musuh dari bisnis ini? Ternyata si raksasa Google, Google tidak suka dengan bisnis model seperti ini karena dianggapnya ngga jujur. Seperti yang anda tahu bahwa para Advertiser selain ingin link dari blog anda ke website mereka, mereka juga ingin menambah backlink-backlink ke website mereka agar PageRankmereka naik maka biasanya syarat blog yang bisa ikutan bisnis ini yang PageRank udah di angka 3. Hukuman dari Google? Macem-macem dari turunnya Page Rankblog anda atau index blog anda akan di babat habis dari database Google. (sumber) […]

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge