Geo Tagging Secara Manual

Geo tagging adalah ide yang bagus sekali untuk penambahan paramater di Metadata di sebuah gambar hasil sebuah kamera digital. Dengan Geo tagging, kita bisa ingat di mana gambar tersebut di ambil. Sayangnya kamera digital yang mendukung fitur ini belum banyak beredar, justru kamera yang melekat di sebuah handphone keluaran paling anyar di kelas menengah hampir semua sudah mendukung Geo Tagging. Nah, terus bagaimana dong nasib pengguna yang ingin menandai lokasi pengambilan gambar tetapi kamera-nya belum mendukung fitur hebat ini?

Tenang saja, hal itu bisa di lakukan secara manual melalui sebuah aplikasi.

Aplikasi ini bernama GeoSetter. GeoSetter akan menampilkan daftar gambar dan Google Map di satu layar, tugas kita hanyalah klik image-nya lalu klik lokasi nya di Google Map, lalu simpan perubahan di gambar tersebut.

That’s it, untuk langkah detailnya sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi GeoSetter dulu.
  2. Setelah proses pengunduhan selesai, klik ganda file hasil unduhan tersebut (defaultnya bernama geosetter_setup.exe.
  3. Ikuti proses instalasi yang sangat mudah karena hampir dari seluruh proses hanya klik tombol Next aja.
  4. Setelah instalasi selesai, buka aplikasi GeoSetter.
  5. Layar di bagi 3 bagian, terdiri dari daftar folder, preview gambar, dan Google Map. Pilih file gambar yang anda ingin di-tag dengan Geo tagging.
    Pilih image
  6. Lalu pilih lokasi di Google Map.
    Pilih lokasi
  7. Nah, sekarang image anda tersebut sudah di beri tag lokasi, untuk menyimpan perubahan, klik menu Image -> Save Changes atau tekan tombol Ctrl + S.

Semoga bermanfaat…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Satu Komentar

Geo Tagging Dengan Picasa 3 | Edi Susanto dot Com  on May 26th, 2009

[…] memberikan meta data geo tagging melalui GeoSetter, saya ingin menuliskan lagi cara geo tagging melalui aplikasi pengolah image buatan Google yang […]

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge