Gantungan Kunci Buat Password Anda

keepassSekarang ini, dimana layanan internet berkembang dengan luar biasa tidak terasa bertambah juga poin-poin penting yang juga harus di ingat. Layanan tersebut adalah dari situs pertemanan sampai ke layanan email. Poin yang paling nyata yang harus di ingat adalah user name dan password kita untuk setiap layanan. Biasanya untuk alasan keamanan kita di minta untuk membuat setiap akun kita berbeda untuk setiap layanan, terutama password-nya. Repotnya lagi, tidak cuman harus membedakan password antar layanan tapi juga password nya juga harus password yang tidak mudah di tebak.

Sayangnya, jika kita harus mengingat user name dan password itu satu-persatu akan menyulitkan kita sendiri. Untuk itu kita butuh sebuah ‘gantungan kunci’ untuk menyimpan password-password itu. Nah, kemarin itu saya mencari-cari aplikasi password manager untuk membantuk saya mengingat dan mengatur semua akun saya, dari akun WordPress sampai ke Google Adsense saya. Memang sih bisa saja kita mengetiknya begitu saja dengan Notepad, cuman kalau file tersebut terambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab, maka semua akun anda akan dalam bahaya besar.

Saya mencari aplikasi password manager yang bagus, aman, portable dan gratis (seperti biasa…). Bagus dalam artian dari segi interface harus mudah di gunakan, aman berarti file database aplikasi tersebut harus dalam keadaan terenkripsi jadi kalau tercuri tidak bisa di buka, portable berarti aplikasi ini harus bisa di bawa di USB drive agar ketika kita di komputer orang lain kita masih bisa membuka aplikasi tersebut dan terakhir gratis dalam artian tidak membayar hehehehe…

Akhirnya setelah cari-cari dan membanding beberapa aplikasi dengan syarat seperti di atas, akhirnya saya menemukannya. Nama aplikasi tersebut adalah Keepass Password Safe. Keepass tersedia secara gratis dengan dua versi yaitu Installer dan ZIP Package. Versi installer harus anda install dulu dan kebalikannya untuk ZIP Package, versi ini bisa anda ekstrak dan di bawa kemana aja di dalam USB Drive anda.

Saya memilih yang versi ZIP Package. Cara menggunakannya sangat mudah:

  1. Tinggal ekstrak file .zip nya ke folder di USB drive.
  2. Eksekusi file Keepass.exe. Jika anda baru pertama kali ini menggunakan Keepass anda harus membuat database baru dulu melalui menu File -> New.
  3. Masukkan password master anda, nantinya password ini satu-satunya password yang perlu anda ingat. Keepass juga memungkinkan kita mengkombinasikannya dengan key file, cuma saya tidak memakainya karena takut key file nya hilang. Lalu anda akan di minta mengulangi memasukan password anda untuk konfirmasi.
    Keepass login
  4. Saran saya, simpan dulu database baru anda melalui menu File -> Save.
  5. Nah, anda tinggal memasukkan password-password anda. Secara default, Keepas memberikan anda beberapa Group seperti gambar di bawah ini. Tapi jika anda merasa kurang atau kurang pas, tinggal menambahnya melalui menu Edit -> Add Password Group.
    Keepass group
  6. Untuk memulai memasukkan password anda, klik menu Edit -> Add Entry.
    Keepass Entry
  7. Jangan lupa simpan database anda setiap ada perubahan, entah ada entri baru atau edit entri.

Yang membuat program ini semakin menjadi kesukaan saya adalah adanya fasilitas Password Generator, dengan Password Generator kita bisa di sarankan membuat sebuah password yang baik. Selain itu Keepass memungkinkan kita untuk memasukkan user dan password ke login form di situs layanan secara otomatis. Coba saja ketika anda membuat entri baru, klik tombol Tools yang terletak di bawah dan anda akan semakin terpana…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

4 Komentar

fajarseraya  on January 2nd, 2009

makasi yah infonya….salam kenal yah…ditunggu kunjungan baliknya…

artikel terakhir fajarseraya | Dibalik Fenomena BlackBerry

vicky  on January 2nd, 2009

makasih infonya… boleh dicoba itu….

artikel terakhir vicky | Hore Akhir Tahun Panen PR (Googel Page Rank)

ekkei  on January 3rd, 2009

hehehe.. julukannya keren, gantungan kunci 😀

artikel terakhir ekkei | Menyiapkan Blog Untuk Paid Review

Bart. Edi  on January 3rd, 2009

lha bingung saya waktu cari kata untuk analogi fungsi nya itu hehehehe

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge