Extract Tanggal

Seperti anda tahu bahwa penulisan tanggal di Microsoft Excel mempunyai format dd/mm/yyyy (untuk format Regional Indonesia), misalnya 12/6/2008. Dalam beberapa pembuatan proyek saya sering kali harus memisahkan data tanggal tersebut menjadi tanggal, bulan dan tahun sendiri-sendiri. Untuk pemisahan itu di Excel sangat gampang.

Misalnya data anda ada di cell A1 berupa tanggal 21/6/2008, maka untuk memisahkan tanggal dari data tersebut adalah =DAY(A1) taruh dirumus ini di B1, untuk bulan =MONTH(A1) taruh rumus ini di C1 dan tahun adalah =YEAR(A1) di D1. Maka anda akan dapat data tanggal, bulan dan tahun secara terpisah di ketiga cell tersebut.

Mudah sekali bukan? Tinggal anda pakai nilai-nilai tersebut untuk membuat project Excel anda semakin canggih.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

3 Komentar

Krist  on April 30th, 2009

kalau angkanya bukan berupa tanggal, tp numerik bgm extractnya pak misal 12345 diextract ke 5 kolom tks

Bart. Edi  on April 30th, 2009

@Krist: Gunakan saja functon LEFT, MID dan RIGHT. Misal untuk extract angka 12345 (terletak di cell A1), untuk mengambil angka 1 gunakan =LEFT(A1), angka 2 gunakan =MID(A1;2;1), angka 3 =MID(A1;2;2), angka 4 =MID(A1;2;3) dan angka 5 =RIGHT(A1). Cukup mudah kan?

iskang  on October 8th, 2009

Saya mohon dibantu untuk masalah tanggal. Setiap hari saya membuat “Daily Report” yg saya pasang rumus tgl otomatis, jadi setiap pagi report hari sebelumnya dibuka, maka dengan sendirinya tgl sudah langsung up date dan emang itu yg saya mau. Hanya ada kendala, yaitu ketika ada salah satu kolega saya yg katakan dalam satu atau dua hari tidak sempat buka report tsb dan kemudian di hari ketiga baru buka reportnya, maka yg muncul adalah “Daily Report” satu atau dua hari lalu tapi dengan tgl yg up date dihari dia membuka report tsb dan ini cukup membingungkan.
Pertanyaan saya, adakah trik untuk menyikapi hal ini, maksud saya report yg sudah terkirim beberapa hari sebelumnya ketika dibuka tgl nya tidak akan berubah tgl menjadi tgl yg up date, kondisi seperti ini saya maksudkan hanya untuk si penerima report via e-mail. Demikian, pertanyaan saya, terima kasih sebelumnya.

Wasalam,
iskang

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge