Amankan Rumus Excel Anda!

Hal yang paling menjengkelkan kalau kita sudah susah-susah membuat table-table Excel kita adalah di hancurkan orang lain. Bisa saja rumus yang sudah kita buat susah-susah di hapus secara sengaja atau tidak atau juga rumus tersebut di curi (jika rumus itu adalah hasil pemikiran kita berhari-hari tentu tidak menyenangkan ada orang lain mengambil dengan seenaknya tanpa seijin kita).

Kalau anda mengalami hal seperti ini, rekan-rekan dapat mengambi langkah pengamanan pada proyek Excel anda sebagai berikut:

  1. Misalnya saya mempunyai table seperti gambar di bawah ini.
    table excel
  2. Dan saya ingin membuat range yang bisa di entri oleh pengguna adalah kolom A dan B saja selain kolom itu akan di kunci. Kolom Total akan saya buat dalam keadaan terkunci dan rumus nya ingin saya sembunyikan dari penglihatan pengguna. Untuk itu langkah pertama yang saya ambil adalah memblok kolom Total dan klik kanan lalu pilih Format Cells.
    Blok kolom total
  3. Klik tab Protection, pastikan opsi Locked dan Hidden dalam keadaan tercentang lalu klik tombol OK.
    Centang Hidden dan Locked option
  4. Lakukan kebalikannya terhadap kolom A dan B. Blok kedua kolom itu lalu klik kanan pilih menu Format Cells, klik tab Protection, hilangkan centang pada opsi Hidden dan Locked lalu klik tombol OK.
  5. Setelah semua di set mana yang boleh di tulisi dan mana yang tidak, mana yang boleh terlihat rumusnya dan mana yang tidak, klik menu Tools -> Protection -> Protect Sheet. Lalu masukan password anda. Kemudian klik tombol OK.
    Masukan password
  6. Masukan lagi password untuk kedua kalinya.
  7. Nah, sekarang coba untuk memasukan data di luar kolom A dan B, anda akan mendapat kotak peringatan.
    kotak pesan
  8. Dan ketika anda ingin melihat rumus di kolom Total, anda tidak bisa melihat ap-apa di kolom itu, tetapi jangan kuatir rumusnya sendiri tetap bekerja koq.
    rumus tidak keliatan di entri bar.
  9. Untuk membuka proteksi, klik menu Tools -> Protection -> Unprotect Sheet, lalu masukan password anda.

Rekan-rekan dapat mengambil contoh file untuk melihat implementasinya, password sheet nya adalah: coba.

Nah, anda bisa bekerja lebih tenang sekarang. Semoga membantu.

44 comments

  1. wah mas aku baru ketemu nih blog nya mas, berguna bgt nih, mas boleh ga di posting gimana menggunakan rumus forecasting dalam excel…thanks ya mas

  2. @bona: Wah makasih, coba deh nanti saya cariin rumus nya. Karena saya ngga pernah garap tentang forecasting.

  3. kalo aku sih dicuri gak masalah, malah seneng hasil pemikiran kita berguna bagi orang lain gak senengnya kalo hasil curian tsb dikomersilkan.

  4. Pingback: GogetIt
  5. terimakasih atas infonya, namun kalau boleh saya bertanya pada bang edy, dimana caranya membuat cell itu ngeblok warna ketika suatu data atau masukan pada cell tersebut salah atau tidak sesuai dengan isian si pembuat dengan kata lain ketika mengisi form dan suatu cell itu tiba-tiba berubah warna setelah saya memasukan data salah.

    sekian terima kasih semoga saya dapat dibantu akan kekurangan saya ini.

  6. Untuk hidden rows dan column sebagian bagaimana caranya? Sehingga rows dan column yang tidak ingin dilihat user bisa hidden semua tanpa bisa di unhide lagi

  7. mas bagai mana cara merubah hurup kapital di exel yg udah terlanjur dah banyak diketik, menjadi hurup besar atau kecil. terimakasih

  8. wah, terima kasih tipsnya. berharga sekali.
    setelah dicoba kan di formula bar nya kosong.
    kalau saya ingin di formula barnya terlihat hanya hasil hitungan formulanya sedangkan rumusnya tidak kelihatan bagaimana caranya ya?

  9. Buat yang punya blog makasih bngt ya…saya sempat di pusingkan dengan rumus excel yang sering kehapus sama teman saya..dengan ini jadi aman..bravo

  10. alhamdulillah dan sangat terimakasih sekali pak
    jujur sakit ati rasanya pas liat rumus yg saya buat selama 3 bulan 8 hari.
    tp ga sengaja saya liat ada di laptop temen dan saya sangat2 tahu bahwa itu FILE DI FOLDER NOT TO BE SHARE
    sekali lg terimakasih pak
    semoga ilmuny nambah dan bisa berbagi dengan yang lainny jg
    salam

  11. mas aku punya rumus pakai formula if yang terdapat lebih dari 10 kondisi tetapi pada kondisi ke 9 (sebelum kondisi false/terakhir )gak bisa jalan. saya coba munkin ada yang kliru dengan mengurangi kondisinya baik de depan atau di belakang bisa tetapi setelah saya tambahi lagi ke kondisi sembilan kok gak bisa apanya ya !

    Apa formula if terbatas hanya untuk samapai 9 kondisi atau bagaimana mohon penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.