Database Gratis Buat Kita

sql_serverJika anda seorang programmer database, tentu sebuah aplikasi database server tidak bisa di pisahkan dari pekerjaan kita. Ya, database sebagai storage data kita sebagai backend, tentu memegang peranan yang sangat penting. Nama-nama yang terkenal di dunia database server tentu sudah anda tahu seperti Microsoft SQL Server, Oracle dan masih ada beberapa lagi yang dapat kita pilih hanya saja aplikasi-aplikasi itu harganya selangit. Tapi jika anda membuat program untuk pengelolaan suatu perusahaan dengan skala yang kecil, ada banyak pilihan yang dapat anda centang sebagai teman frontend anda.

firebirdMenurut pengamatan saya, berikut aplikasi database server yang dapat kita pakai tanpa mengeluarkan uang sepeserpun:

  1. PostgreSQL. Aplikasi database yang satu ini tidak perlu di ragukan lagi kemampuannya. Yang paling saya sukai dari PostgreSQL adalah sifatnya yang benar-benar free termasuk untuk keperluan komersial.
  2. FirebirdSQL. Aplikasi database server yang satu ini juga dapat menjadi alternatif anda. Memang Firebird tidak setenar PostgreSQL tetapi kemampuannya tidak perlu di ragukan lagi.
  3. MySQL. Tentu anda sudah mendengar aplikasi yang mempunyai lisensi bersifat GPL ini. Anda bebas menggunakan selama tidak di komersialkan.
  4. Oracle XE. Oracle gratis? Saya pertama mendengar ini dari kakak saya. Hampir tidak percaya jika aplikasi yang namanya saja membuat saya ‘keder’ itu sekarang ada edisi yang free buat kita. Meskipun ada limitasi-nya seperti: Max storage 4GB(tapi ini sudah sangat memadai untuk perusahaan kecil), mendukung memori sampai 1 GB saja, dan tidak mendukung processor banyak inti (multi core). Tapi saya pikir hal ini tidak menjadi masalah jika skala penggunanya kecil. Nanti saya akan membahas Oracle XE ini lebih lanjut di artikel lain.
  5. Microsoft SQL Server Express 2008. Sama dengan Oracle, raksasa yang satu ini tidak mau ketinggal untuk memberikan kita bonus kecil yang dapat kita gunakan secara gratis. SQL Server Express 2008 juga mempunyai limitasi storage sampai 4GB saja cuman menurut saya ini juga sudah ukuran yang sangat besar untuk bisnis skala kecil. Enaknya juga SQL Server Express 2008 bebas digunakan untuk penggunaan komersial. Sebetulnya Microsoft juga menyediakan SQL Server Compact Edition cuman menurut saya, aplikasi ini kurang memenuhi syarat karena tidak mendukung koneksi remote dan Stored Procedure.

Tentu dengan aplikasi yang bagus-bagus tersebut akan membuat program buatan kita semakin powerful. Apa database server kesukaan anda?

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

11 Komentar

Muwahhidin Firdaus  on January 30th, 2009

wah… thank’s yah…

http://dhawi1986.wordpress.com

Perpustakaan Connection Strings | Edi Susanto dot Com  on February 5th, 2009

[…] Basic sebagai andalan saya di samping PHP tentu saya harus menuliskan connection string ke database server kesayangan saya yaitu MySQL (yang keliatannya akan selingkuh ke Oracle […]

iwan  on March 1st, 2009

mau nambahin info ada lagi yang free mas edi
IBM DB2 9.5 express C
http://www-01.ibm.com/software/data/db2/express/download.html
no database size limit !!

bayu  on March 25th, 2009

mas, kalo koneksi vb6 ke PostreSQl, gmn ya scriptnya??????

Bart. Edi  on March 25th, 2009

@bayu: sama koq dengan mysql: http://www.edisusanto.com/koneksi-visual-basic-6-ke-mysql/ nanti string nya lihat aja di http://www.connectionstrings.com/

Andre  on March 29th, 2009

Usul nih, gimana kl ditambahi daftar hosting database gratis? Apa aja deh, SQL Server, Ms Access, MySQL, atau lainnya.. Tp jgn lupa diuji coba dl yah, karna banyak yg bilangnya gratis tp saat registrasi tidak ada follow up lanjutan untuk menerima koneksi, hhehehe…

dimasiano  on August 27th, 2009

mas, kalo koneksi vb.net ke firebird, gmn ya scriptnya?????? saya udah contoh connectionstringnya di http://www.connectionstrings.com/

nah untuk memasukkan ke add reference .dll dari firebird nama filenya apa mas

Danangjaya  on January 22nd, 2010

Pak bagaimana koneksi Visual FoxPro ke PostGreeSQL…?

Terimakasih sebelumnya…

Bart. Edi  on January 22nd, 2010

@Danangjaya: lewat ODBC aja….

buy bestseller dvd  on October 20th, 2010

Nyundul Andre dong.. cari hosting database gratis bwt praktek mysql. siapa punya info ?

Bart. Edi  on October 22nd, 2010

@buy bestseller dvd: install aja di komputer sendiri, apache dan mysql di jamin bisa coba2 sepuasnya…

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge