Dari mana modalnya?

Dimana uangnya?Kalimat di judul artikel ini sering kali menjadi pertanyaan utama jika kita akan memulai suatu bisnis termasuk bisnis online ini. Karena selain semangat dan kerja keras tentu uang juga memegang andil yang cukup besar porsinya untuk memulai bisnis ini. Kalau bisnis online untuk apa uang modalnya dan seberapa besar? Pertanyaan itu adalah pertanyaan pertama yang diajukan istri saya ketika 12 bulan yang lalu saya bermaksud memulai bisnis ini.

Lalu saya jawab “Ya, sekitar 300-400 ribu per bulan”. Lalu dengan setengah hati istri saya tanya lagi, “Prospeknya gimana?”, “Ya, itu bisnis jangka panjang” saya jawabnya begitu. Dia semakin setengah hati saja. 300rb per bulan, it means 3,4-4,8jt per tahun yang harus di investkan ke bisnis online ini. Itu baru biaya dasarnya. Mari kita behitung:

  1. Langganan internet, rata-rata bisa menghabiskan 200rb-300rb per bulan untuk Speedy 1GB or XL unlimited. Atau kalau kita ke warnet hampir setiap hari pun, paling ngga 10ribu habis dalam sekali main, itu di kali 30 hari pun habisnya ngga jauh dari angka 300rb itupun bensin dan parkir juga belum dihitung.
  2. Domain dan hosting. Menurut beberapa orang sih, kenapa ngga yang free aja, tapi setelah membaca dari banyak master-master pebisnis internet di sini, untuk investasi sangat disarankan untuk mempunyai domain + hosting space sendiri karena kita mempunyai full control disitu. Untuk register domain dan hosting, akan memakan biaya sekitar 100-200ribu sendiri untuk lokal hosting. Biaya per bulan sekitar 15ribu-ratusan ribu rupiah, semakin besar space dan kualitas semakin besar juga biaya bulanan-nya.
  3. Biaya lain-lain, seperti pasang iklan di beberapa jasa iklan online seperti Google Adwords atau direct ads di beberapa web para master disini. Atau anda ingin mencetak artikel-artikel yang menarik, itu pun akan ada biaya.

OK, jadi kita ancang-ancang dana sekitar Rp.300rb katakan begitu. Lalu dari mana uang tersebut? Karena ini bisnis jangka panjang tentu kita tidak bisa mengharap bulan ini keluar uang modal lalu bulan besok langsung dapat uang hasilnya. Kalau begitu bisnis yang langsung aja seperti jual pulsa begitu, hari ini kulakan besok langsung bisa dijual dan dapat untung.

Saya pernah membaca sebuah artikel yang di tulis oleh Safir Senduk yang isinya tidak jauh dari tulisan dari buku karangan Jean Chatzky yang berjudul “Bayar Utang Anda Sekarang Juga” (Judul terjemahannya) yang membantu kita untuk mendapat uang yang “tersembunyi” tersebut. Lalu saya pikir-pikir di mana uang tersebut, lalu saya mendapatkan uang tersebut setelah membaca artikel dari kedua author yang hebat tersebut:

  1. Saya biasa beli DVD sebulan 5-6 buah yang ngga pernah ditonton semua, Rp.50.000.
  2. Beli jajan yang malah membuat saya jadi semakin gemuk, Rp.75.000.
  3. TV berlangganan yang jarang di tonton juga. Rp.150.000.
  4. Langganan koran yang nantinya bisa digantikan dengan akses ke Detik, Kompas, OkeZone, Kedaulatan Rakyat, Rp.55.000.

4 point itu aja saya udah menemukan “uang yang tersembunyi” tersebut, kalau saya mau lebih bijak lagi tentu saya akan menemukan pengeluaran-pengeluaran yang sebetulnya kurang berguna tersebut. Jadi, kita tidak usah bersusah payah cari utang sana sini lagi untuk memulai bisnis online ini, cukup temukan uang “tersembunyi” itu. Bagaimana dengan anda?

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

2 Komentar

Endah afrianti  on February 17th, 2009

jujur saya tertarik dengan hal ini,
tolong kasih informasi/cara yg instan u/saya…u/beriklan di fb,thx..

Bart. Edi  on February 17th, 2009

@Endah afrianti: baca aja artikel saya http://www.edisusanto.com/memasang-iklan-di-facebook/

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge