Cleaning Service Gratis Dan Handal

ccleanerWindows dalam menjalankan sistem-nya akan banyak membuat file-file sampah yang mungkin akan luput dari pandangan kita. Contoh paling gampang, ketik saja %TEMP% di kotak Run anda, maka anda akan melihat betapa mengerikannya file-file sampah yang ada di komputer anda. Meskipun memang tidak bisa di sebut totally garbage (halah… pake bahasa Inggris segala), karena file-file tersebut memang di butuhkan aplikasi dan Windows dalam menjalankan tugasnya.

Tapi sayangnya kadang file tersebut ‘lupa’ di hapus oleh sistem setelah terpakai, bisa juga karena listrik mati tiba-tiba dan sistem belum sempat membersihkan ‘kotorannya’ maka file sampah anda akan semakin menumpuk saja. Dan tidak hanya di folder Temporary Files saja file sampah anda berada, file Prefetch juga bisa menjadi file sampah, anda bisa menjumpainya di folder Prefetch di dalam folder Windows anda. Juga file temporary yang di hasilkan oleh browser internet anda bisa menjadi file yang cuman menuh-menuhin hard disk.

Sebetulnya anda bisa menghapus file-file tersebut secara manual, tetapi kegiatan itu bisa menjadi sangat membosankan dan membuang waktu. Solusinya? Cari aplikasi yang bisa menggantikan tugas anda tersebut. Setelah mencari sana-sini dan melihat review di banyak situs public download, akhirnya saya memutuskan untuk memakai CCleaner sebagai cleaning service saya alias tukang bersih-bersih.

Dengan aplikasi ini kita cukup klik satu tombol, dan zap… semua file sampah anda akan di ‘sapu’ oleh aplikasi ini. Untuk memulai aplikasi ini sangatlah mudah. Hal yang pertama yang harus di lakukan adalah download dulu installer nya di situs resmi mereka.

Ketika artikel ini saya tulis, CCleaner memiliki versi terakhir 2.15. Setelah selesai mengunduh file installer nya, tinggal klik ganda aja file hasil unduhan tadi dan tinggal klik Next (hal yang sangat membosankan…) lalu tunggu proses, selesai deh…

Lalu anda bisa membukanya lewat menu Start -> CCleaner. CCleaner mempunyai tampilan yang sangat user friendly. Di versi ini Google Chrome juga sudah termasuk di aplikasi yang siap di bersihkan sampahnya.

Tampilan CCleaner

Google Chrome sudah ada...

Di samping itu CCleaner juga mempunyai ‘cairan pembersih’ buat Registry anda, tidak sampai itu saja Uninstaller juga di sertakan. Jadi jika menggunakan Add/Remove Programs di Control Panel Windows anda tidak bisa meng-uninstall sesuatu aplikasi, CCleaner bisa menjadi andalan anda.

Dan yang membuat saya semakin kagum, installer aplikasi ini hanyalah 3 MB yang hanya membutuhkan waktu 4-5 menit untuk mengunduhnya dan satu lagi yang membuat sangat menarik… it’s totally free

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Satu Komentar

5 Langkah Mempercepat Windows Versi Microsoft | Edi Susanto dot Com  on January 5th, 2010

[…] Ya, karena semakin sering kita membuka file dan aplikasi maka aplikasi-aplikasi tersebut akan membuat file-file yang bersifat temporary tapi sering kali setiap aplikasi tersebut di tutup, file-file temporary tersebut tidak di hapus dengan bersih. Sebetulnya bisa kita hapus satu-persatu file sampah tersebut, tetapi Windows sudah menyediakan alatnya yang bernama Disk Cleanup (Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools) atau bisa juga anda memakai program 3rd party seperti CCleaner. […]

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge