Buku Gambar Gratis Buat Anak Saya

tuxpaintSaya mempunyai anak laki-laki yang sangat saya cintai, bahkan saya punya 2 resolusi di tahun 2009 ini yaitu menjadi wira usaha dan menjadi father of year untuk anak saya. Apapun yang menjadi keinginan anak saya apalagi kalau itu untuk pendidikan dia, selama ada uang pasti saya turuti. Nah, terakhir ini dia sangat suka menggambar apapun bahkan tembok rumah saya ngga luput dari coretan si kecil. Dari pintu sampai pilar-pilar rumah penuh dengan coretan dia. Yah selama untuk kreatifitasnya dia bagi saya semua coretan yang dia bikin serasa jadi indah. Saya jadi tiba-tiba berpikir kenapa kesenangan dia yang coret-coret itu ngga saya buat alasan untuk melatih dia menyukai komputer juga?

Akhirnya saya secara tidak sengaja membaca brosur untuk lomba tingkat TK dan SD yang menggunakan Tuxpaint sebagai ‘kertas gambar’nya. Tentu ini menarik, pas sekali dengan kebutuhan saya. Cara pemakaiannya sangat mudah, langkah yang perlu saya ambil waktu itu cuman:

  1. Download aplikasinya dulu (sekali lagi… gratis koq…), ada banyak pilihan untuk sistem operasinya: Linux, Windows dan MacOS X.
  2. Instal aplikasinya, tinggal klik ganda hasil download anda tersebut. Langkah selanjutnya lebih mudah tinggal klik Next terus…
  3. Untuk pertama kalinya, saya di tanya tentang konfigurasinya waktu itu, karena sedang malas saya klik aja tombol Quit. (Saya bisa menkonfigurasinya di lain kesempatan).
    konfigurasi tuxpaint
  4. Lalu tinggal panggil aja aplikasi Tux Paint-nya. Disana ada dua pilihan Windowed dan Full Screen. Saya waktu itu memilih yang Windowed karena saya ngga suka yang Full Screen. Tetapi saran saya sesuai pengalaman, ketika anak anda bermain aplikasi ini, mending pilih yang Full Screen.
    Splash Screen
  5. Nah, sekarang si kecil bisa meneruskan hobi ‘perusak’ nya lagi. Bahkan ikon-ikon di samping kiri dan kanan nya sangat jelas dan bisa dalam bahasa Indonesia.
    contoh gambar (amburadul hehehe)
  6. Jika si kecil kebingungan, saya memilih untuk membuatnya jadi buku mewarnai. Caranya sangat mudah karena Tux Paint menyediakan banyak template buat kita. Dengan klik tombol Baru, kita langsung di tawarkan dengan banyak template yang bisa kita pilih.
    template yang bisa dipilih
  7. Dan si kecil tinggal memberikan warna dan kreasinya.
    hasil template

Oya jika anda merasa stempelnya kurang banyak, Tux Paint menyediakan tambahan stempelnya di halaman download mereka. Dan hebatnya stempel yang bagus-bagus itu juga dapat di ambil gratis. 2 jempol dah buat para pengembang Tux Paint. Untuk memasang tambahan stempel ini, langkah yang diperlukan:

  1. Download tambahan stempelnya di website mereka.
  2. Pilih link yang di bawah Rubber Stamps (optional).
    Tambahan stempel
  3. Setelah mengunduhnya selesai, klik ganda file tuxpaint-stamps-2008.06.30-win32-installer.exe (bisa berubah lho nama file-nya di waktu yang akan datang).
  4. Tinggal ikuti aja installernya dengan klik tombol Next terus.
  5. Setelah instalasi selesai, buka kembali Tux Paint lalu klik ikon Stempel. Nah sekarang anda tinggal memilih pilihan stempel baru yang akan membuat si kecil tambah betah aja dengan Tux Paint.
    stempel baru

Saya yakin anak anda akan suka juga dengan aplikasi ini. Menurut pengalaman saya, aplikasi ini tidak berat ketika di jalankan di komputer tua saya yang hanya memiliki processor Celeron kuno.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

7 Komentar

kombor  on January 17th, 2009

Mantap tenan si Tux Paint. Kapan-kapan bisa diunduh.

Semoga resolusinya tercapai, Kang.

Bart. Edi  on January 17th, 2009

@kombor: wah sang master mau mampir di gubug saya yang reot ini… makasih kang… makasih atas doanya dan salam kenal juga…

fajarseraya  on January 18th, 2009

mantap2….keren2…good2…tukeran link tukt…ta tunggu jawabannya di blogku

artikel terakhir fajarseraya | Blogwalking

Bart. Edi  on January 18th, 2009

@fajarseraya: yang good tux paint nya ato tukeran link nya bos?

ribut ms  on January 23rd, 2009

terimakasih infonya friend, semoga menjadi amal ibadah ………

Bart. Edi  on January 23rd, 2009

@ribut: Amin….

eni oktavia  on December 17th, 2011

ya

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge