Bersalaman Dengan Google Adsense

Tentu bagi anda yang sudah pakar-pakar internet marketing sudah mengenal apa yang namanya Google Adsense. Tapi tidak ada salahnya saya yang juga seorang pemula membagi artikel ini buat sesama pemula 😀

Google Adsense adalah layananan iklan kontekstual dari Google. Maksud kontekstual disini adalah iklan yang muncul akan disesuaikan dengan tema artikel dimana iklan itu berada. Jika anda seorang blogger tidak ada salahnya untuk menghasilkan yang dengan layanan ini. Siapa saja dapat mendaftarkan diri menjadi anggota layananan ini. Google Adsense sendiri sampai artikel ini ditulis menyediakan 4 layanan iklan; Content, Search, Referral dan ads mobile. Tapi sebelum anda mendaftar ada hal-hal yang harus anda perhatikan.

  1. Usahakan blog anda dalam bahasa Inggris, karena syarat pemasangan iklan Content harus dalam bahasa yang didukung oleh Google dan sayangnya bahasa Indonesia belum termasuk, dan bahasa yang didukung oleh Adsense Content ini salah satunya yang popular adalah bahasa Inggris.
  2. Buatlah paling tidak 20 artikel dalam blog anda.
  3. Jangan berisi hal-hal yang ‘menyimpang’ seperti porno, MP3 illegal, sharing software, dan hal illegal yang lainnya.
  4. Tunjukkan blog anda diupdate secara teratur.

Jika blog anda dalam bahasa Indonesia maka unit Adsense yang anda bisa pasang adalah Adsense Search. Setelah anda mendaftar tunggulah sekitar 3 – 10 hari sampai keluar keputusan dari Google Adsense Team, apakah anda diterima atau tidak. Jika tidak, lihat blog anda apakah ada yang kurang, jika ada perbaiki dan ajukan ulang registrasi anda. Pengalaman saya sih, sekitar 3 hari dulu saya disetujui dengan kondisi web saya dalam bahasa Inggris dan mempunyai 30 artikel.

Banyak syarat dan kondisi Google Adsense yang harus diperhatikan, hal ini dapat anda lihat di T.O.S Google Adsense. Jika anda melanggar, anda akan diperingatkan tapi banyak kejadian bahwa publisher langsung di keluarkan dari keanggotaan Google Adsense atau kalau bahasa ngetrend-nya di banned. Kalau hal ini terjadi bisa saja anda meminta peninjauan ulang oleh tim Google Adsense, kalau anda beruntung anda bisa diterima lagi (tapi jangan melakukan kesalahannya lagi). Tapi kalau peninjuan ulang anda gatot alias gagal total, daftar lagi dengan nama yang baru (bisa anda pinjam dari kakak, adik atau istri anda) dan juga jangan gunakan blog lama anda, karena Google jika tahu anda bisa di banned kembali.

Karena Google Adsense adalah iklan Paid Per Click (PPC), maka anda akan dapat uang jika ada seseorang yang klik iklan di blog anda. Tentu, semakin banyak yang klik tentu dollar akan masuk kepundi-pundi anda. Hal yang paling penting yang perlu anda hindari adalah meng-klik iklan anda sendiri. Ini adalah kesalahan yang sering dilakukan oleh pemain Google Adsense. Google mempunyai system yang baik yang dapat mendeteksi kecurangan ini. Tidak sedikit publisher di banned oleh tim Google Adsense gara-gara hal ini.

Google Adsense akan membayar kita jika kita sudah mencapai US$100 dengan cara mengirim check ke alamat kita. Maka dari itu alamat rumah jangan sampai salah tulis. Teruslah perdalam ilmu anda dengan membaca ebook dan forum yang bertebaran di internet. Forum-forum yang membahas Adsense ada yang berbahasa Indonesia jika anda malas membaca yang bahasa Inggris, seperti Jumatan (dibuat oleh para pakar dari Jogja), Google-Sby (dibikin oleh para pakar dari Surabaya) dan forum pertama yang terkenal adalah Adsense-ID.

Selamat ber-Adsense ria…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

6 Komentar

Putra eka  on May 30th, 2008

Iya neh mas saya udah dua bulan daftar GA tapi earningnya belum sampe 10 dolar. Btw thanks infonya n lam kenal

Bart. Edi  on May 30th, 2008

GA saya belum optimal emang, pendapatan utama saya dari paid review. Tapi tetap pantang menyerah hehehehe

Tentang PIN Google Adsense | Edi Susanto dot Com  on May 31st, 2008

[…] yang sudah pakar, saya tetap memberanikan diri terus menuliskan tentang Google Adsense. Setelah prolog tentang Google Adsense, saya ingin menuliskan tentang kelanjutannya. Saya ingin bercerita tentang […]

PUGUH  on August 28th, 2009

Emang makin berat bos utk gabung di Adsense.Denger-denger blog harus inggris,selain itu harus TLD.apa bener boss.

Bart. Edi  on August 28th, 2009

@PUGUH: ya sekarang mereka agak ketat untuk pendaftarannya, blog bisa berbahsa indonesia tapi hanya bisa pake Adsense for Search. Ngga mesti TLD sih, pake blogspot juga bisa.

Jemy Bali  on May 27th, 2011

wAH THANKS ONfonya Bro.. Jadi semangat menambah punci2 dolar di google adsense..
Jemy Bali´s last blog post ..Beautiful Sunrise at Sanur Beach

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge