Bersahabat Dengan Limited Account Access dari PayPal

Sebulan yang lalu ketika saya mau membayar hosting saya di RumahWeb dengan PayPal, tiba-tiba saya mendapat satu pesan bahwa akun PayPal saya kena Limitations Account Access sehingga dengan status itu saya tidak bisa mengirim uang atau menarik dana dari PayPal. Kalau menurut PayPal itu biasa terjadi pada akun-akun pertama yang melakukan withdraw atau send money untuk pertama kalinya (saya pun kena itu karena itu adalah kali pertama saya mau mengirim uang dari balance PayPal saya).

Tentu saja sebagai seorang pemula yang mendapat pesan itu saya cukup kaget dan bingung dan hal ini ternyata dialami oleh banyak para internet marketing dan pengguna PayPal lainnya. Tetapi dengan status Limited Access, anda tetap bisa menerima uang. Jadi bisa masuk tapi ngga bisa keluar, hehehehe… ini benar-benar menyebalkan.

Lalu saya di bawa ke layar Resolution Center dan disitu PayPal minta untuk melakukan proof address (membuktikan bahwa saya punya alamat yang benar) dan ingat lho ini lain dengan status Verified atau bukan. Pertama sih sebal banget tapi ya lama-lama sih sadar juga bahwa ini adalah masalah yang harus dihadapi karena kalau ngga dibuka Limited Access nya ya… gaji dari paid review ngga cair-cair hehehe. Di layar Resolution Center, click aja tombol Resolve untuk melihat cara penyelesaiannya. Di layar ini saya juga saya baru tahu bahwa sebetulnya resolusi limited ini saya udah di minta sejak tahun 2006 kemarin, tapi ya maklum baru tahun ini PayPal saya gunakan jadi saya ngga pernah buka akun PayPal saya selama ini.

Untuk solve status ini sebetulnya sangat sederhana. PayPal hanya minta anda mengirimkan bukti bahwa anda benar-benar beralamat seperti yang anda cantumkan di PayPal profile. Bukti itu bisa berupa tagihan kartu kredit, KTP, SIM, atau tagihan resmi yang lainnya tetapi PayPal tidak menerima bukti yang di generate oleh online report. Misalnya anda mencetak mutasi tagihan CitiBank online maka PayPal pasti akan menolak bukti itu.

Akhirnya saya mengirimkan tagihan kartu kredit CitiBank, tagihan listrik, tagihan TV Astro, Kartu Tanda Penduduk(KTP) dan tagihan Pajak Bumi dan Bangunan rumah saya. Saya scan bukti-bukti itu satu persatu dan saya upload file-file hasil scan itu dan saran saya ketika upload beri keterangan pada boks yang disediakan disitu, berikan keterangan seperti KTP adalah seperti Social Number card di Amerika sana. Pada intinya berikan penjelasan sehingga proses bisa berjalan dengan cepat.

Waktu saya mengirimkan file-file itu langsung saya juga menulis email buat PayPal. Menurut pengalaman saya, setelah 4 hari PayPal langsung memberikan jawaban melalui email bahwa akun saya sudah di restore. Tetapi beberapa rekan-rekan melalui blog mereka, menyatakan ada yang menemui kesulitan sampai respon yang lama dari PayPal. Dan sampai sekarang memang email yang saya kirimkan kepada mereka belum dijawab sampai saya menulis artikel ini padahal udah 1 bulanan. But saya udah ngga ambil pusing lagi karena my account has been restored.

Jadi, kalau menurut saya untuk merestore account kita dari Limitations Access, berilah keterangan yang jelas dan kirimkan bukti-bukti resmi yang anda punya (dan yang harus ada nama dan alamat anda dengan jelas) ke PayPal, lebih banyak lebih baik menurut saya untuk meyakinkan para PayPal staff. Dan tidak ada jeleknya kalau anda juga mengirimkan email pemberitahuan kepada para staff nya juga (just in case meski di kasus saya, email saya pun ngga dibalas).

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

6 Komentar

Catur  on February 10th, 2009

Saya termasuk yg terkena imbas limit acces,
menurut saya sangat merepotkan karena,paypal itu kan lembaga yg besar sekali tetapi masi memberikan kesulitan kepada membernya dgn adanya limit acces,
jd sdkt menyesal,

Telur  on February 25th, 2009

Walah paypal mang kampret, web gw d suspend kaga bisa bayar.

Bart. Edi  on February 25th, 2009

@Telur: tenang mang…

kusumawan.com  on July 20th, 2009

Banyak juga penyebab limited account PayPal selain kasus diatas, ada yang terkena kasus unauthorized CC, kasus hold dana dan lain-lain.

PayPal memang memberlakukan peraturan yang sangat ketat untuk para penggunanya dan kadang salah alamat.

Pesan saya, bersabarlah dalam membuka limit, jangan tergesa-gesa dan memaksa. Turuti semua permintaan paypal

Gud Luck
.-= kusumawan.com´s last blog ..Waspadai “Open Case : Unpaid Item” di eBay =-.

ayi suherman  on December 26th, 2011

pengalaman yg sangat bagus buat saya, jadi saya sedikit tahu tentang namanya paypal, berarti mau nggak mau kita harus punya kartu kredit dhunks ya pak ed

ayi suherman  on December 26th, 2011

pengalaman yg sangat bagus buat saya, jadi saya sedikit tahu tentang namanya paypal, berarti mau nggak mau kita harus punya kartu kredit dhunks ya pak ed, padahal saya paling tidak mau berhubungan dengan kartu kriditan hehehe….

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge