Berpikir Sederhana Tentang SEO

Ilmu Search Engine Optimization adalah bener-bener ilmu yang mengasyikan. Meskipun masih pemula (bener-bener pemula), kemarin saya di tantang sahabat dekat saya. Tantangannya, bisa ngga referrer source ke blog saya tersebut hanya berasal dari search engine seperti Google, Yahoo dan dedengkot lainnya. Wah, saya agak terpancing ’emosi’ waktu itu. Di satu sisi saya ingin membuktikan bahwa saya sedikit mampu (padahal kaga mampu hehehe), tapi di sisi lain saya takut kalau gagal total (kan gengsi…).

Seperti kita ketahui bahwa traffic adalah segalanya bagi seorang blogger yang mengais-ngais rupiah di internet. Menurut penglihatan saya (kaya mama lauren aja tho…), sekarang banyak sekali cara-cara yang di tempuh para blogger pencari uang seperti saya ini untuk mencari traffic ke blog nya. Dari membentuk komunitas melalui MyBloglog, Facebook, Friendster, dan buanyak lagi; atau memberikan komentar di banyak blog alias blog walking, memberikan signature di forum-forum yang di ikuti (tapi sekarang banyak forum yang men-disable direct link di signature post) . Tujuannya satu mendapat klik dari link-link tersebut.

Selain link, cara ini juga di percaya ampuh untuk menaikkan Page Rank dari suatu blog. Tapi sudah rahasia umum bahwa traffic yang berkualitas adalah dari Search Engine(atau biasa di sebut organic traffic… bener ya?) yang sekarang ini sedang di dominasi oleh Google karena banyak ahli berpendapat bahwa jika source dari search engine, maka memang orang tersebut berniat untuk mencari informasi yang kita sajikan sehingga hal ini bisa menekan Bounce Rate pada statistik blog kita.

Makanya ketika sahabat saya itu menantang saya begitu, saya sempet bingung bagaimana langkah awalnya tapi di satu sisi itu merupakan tantangan agar saya bisa lebih maju. Akhirnya mulai 1 bulan yang lalu saya set satu blog baru tanpa di apa-apa-in hanya diisi melulu ama content yang terfokus di satu tema, yaitu lirik lagu.

Dan saya tidak memasang link ke blog saya satu itu di manapun, dan saya akhirnya membaca banyak buku dan artikel tentang SEO lebih mendalam (karena panas hati hehehehe) lalu berikut langkah yang saya ambil (belum tentu benar lho, ini berdasarkan pengalaman pribadi aja) setelah blog tersebut terindex oleh Google sebanyak 300 index dan berumur 2 minggu:

  1. Daftar ke DMOZ.
  2. Narrowing keyword di META TAG saya. Saya isi dengan “lirik lagu, lirik, syair, lagu rohani, lirik lagu rohani” dan untuk description saya isi dengan “situs berbagi lirik lagu rohani”
  3. Title saya buat begini: Judul lagi | Nama Album | Nama blog.com
  4. Saya daftarkan ke blog direktori (kira-kira sepuluh biji) salah satunya adalah BlogTopList. Saya mencari nya di Google dengan keyword “blog directory” dan “free blog directory”.
  5. Udah itu aja… lha karena bingung mau apa lagi. Dan link tersebut tidak saya sebar ke situs-situs pertemanan seperti Facebook dan Friendster bahkan di blog itu tidak saya sedikan shortcut yang biasanya untuk subscribe ke situs-situs tersebut.

Akhirnya 4-5 hari yang lalu, blog tersebut mulai naik traffic-nya tapi saya ngga mau melihat asalnya dulu pokoknya naik aja traffic-nya. Dan hari ini saya senang sekali ketika hari ini saya melihat log di StatCounter saya… just from Google….

Ngga tau ini kebetulan atau ngga tapi saya lihat selama 3 hari ini traffic blog tersebut hanya dari Google dan Yahoo…

google only

Lalu saya mendapat direct link hanya 5% dari traffic saya. Alexa Rank 640rb-an, PR: 0. Tapi apa pun yang terjadi saya sekarang waktunya menagih makan siang gratis saya….

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

15 Komentar

Rudy Lin  on April 9th, 2009

makasi sharingnya pak .. saya juga lagi gila2an mikirin SEO .. sampe kebawa mimpi pak ..kalo ada tips dan trik yang bisa di bagi tolong ya pak .. hehe.. makasi

Bart. Edi  on April 10th, 2009

@Rudy Lin: Saya juga hanya seorang nubie koq pak. Saya belajar SEO dari forum-forum internet marketing dan buku seperti SEO on a day.

Seorang Blogger  on August 2nd, 2009

Sampai sekarang saya juga masih belajar tentang seo ini, jika difikir secara sederhana seo itu mudah, tapi jika difikir sulit ya SULIT juga,, 😀 dari kita saja kan ya bang.
.-= Seorang Blogger´s last blog ..PIN Google Adsense akhirnya Sampai Juga =-.

Bart. Edi  on August 3rd, 2009

@Seorang Blogger:ya bagaimana kita melihat SEO ini menjadi satu seni yang menyenangkan saja..

kang badot  on September 24th, 2009

seo sih sebenernya gitu-gitu aja gak ada anehnya, yang penting kerja keras dan sabar, bener kan mas?
.-= kang badot´s last blog ..Mengapa Kita Perlu Outbound Link =-.

mbah chikungs  on October 3rd, 2009

edit tulisan yang atas maksudnya siiiiiiiiip artikelnya………

andy  on January 28th, 2010

sip sob, yang penting kita udah berusaha dan terus belajar. Aku juga begitu sob, terus belajar dan mencoba biar bisa ningkatin serp blog disearch engine. Sekarang aku terus berusaha untuk mengandalkan trafik dari blog commenting, blog directory/web directory, web bookmark yang ujungnya untuk meningkatkan seo ranking blog dan akhirnya kebagian deh trafik dari search engine khususnya google. Dan cara ini sudah menunjukkan hasilnya sob, walaupun belum banyak tapi lumayan meningkat dan selalu ada perharinya. tetep semangat sob n keep post ya
.-= andy´s last blog ..Cara Mengurangi Tingkat Bounce Rate Dalam Blog =-.

Trisusanto  on February 5th, 2010

Siip, artikelnya sangat membantu saya yg lagi belajar SEO. Belajar dari pengalaman sendiri maupun dari orang lain itu lebih efektip ketimbang cuma belajar dari teori…

Sokoptimering  on March 18th, 2010

Great web site.

Scandinavian seo consultant offering low cost all-inclusive service (sokoptimering).
http://www.smotop.se – SMOTop
http://www.smotop.se/smotopbloggen/

obit  on March 19th, 2010

artikelnya benar-benar sederhana dan mengena.
trims mas.
.-= obit´s last blog ..Lowest Price from Zenni Optical =-.

wowBobFoubbor  on August 23rd, 2010

Hi everyone
I’ve recently found
a marvelous search engine –
Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /var/www/html/links.php on line 17
P.S. Yahoo – everything will be found! Google: nothing was really lost…

See you!

Piewsoneida  on December 11th, 2011

click to view to your friends to your friends

Gathot Novin  on December 27th, 2011

sssiipp brroo

tito  on February 24th, 2012

makasih pak atas atas infonya jika ada tips dan trik lain bagi – bagi heheh
tito´s last blog post ..Pemain hebat dunia akan unjuk gigi di Jakara

Bali Wedding Photography  on March 14th, 2012

Informasi yang bagus pak, bisa menambah pengetahuan saya.

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge