Bermain Dengan Angka Genap

Dalam pengerjaan tugas Excel, saya seringkali di hadapkan kepada pembedaan antara angka genap dan ganjil. Biasanya hal ini bersangkutan dengan tanggal-tanggal pendapatan atau dalam hal yang lainnya. Berikut ini saya akan menulis beberapa cara manipulasi angka-angka genap di Microsoft Excel (atau aplikasi spreadsheet yang lainnya).

Rumus yang pertama yang biasa saya gunakan untuk angka genap adalah EVEN. Dengan rumus EVEN, anda bisa membulatkan suatu bilangan ke bilangan genap terdekatnya (biasanya keatas pembulatannya). Misalnya anda mempunyai bilangan 21,45, jika anda ingin hasil bilangan genap atas terdekat dari nilai itu, ketik =EVEN(21,45). Atau bisa juga jika nilai anda tersebut di cell A1, ketik =EVEN(A1). Maka hasil yang keluar adalah 22.

Rumus yang kedua adalah ISEVEN. Rumus ini digunakan untuk mendeteksi apakah nilai tersebut genap atau tidak. Jika dia mendeteksi itu adalah bilangan genap, maka nilai yang dihasilkan dari rumus ini adalah TRUE dan jika tidak nilai yang dihasilkan adalah kebalikannya, yaitu FALSE. Maka dari itu, rumus ini sangat cocok jika digabungkan dengan rumus IF. Misalnya, anda ingin mendeteksi apakah bilangan di cell A1 genap atau tidak. Tulis aja rumusnya =IF(ISEVEN(A1);"Ya";"Tidak"). Hasil dari rumus itu jika mendeteksi bilangan genap maka hasilnya adalah Ya dan jika tidak hasilnya adalah Tidak.

Cukup mudah kan ya? Jika anda ingin melihat contoh yang saya buat, bisa diambil disini (Ziddu).

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Satu Komentar

Bermain Dengan Angka Ganjil | Edi Susanto dot Com  on June 28th, 2008

[…] bermain-main dengan angka genap, saya ingin juga membahas tentang manipulasi dengan bilangan-bilangan ganjil. Sebetulnya sih […]

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge