Bermain Dengan Angka Ganjil

Setelah bermain-main dengan angka genap, saya ingin juga membahas tentang manipulasi dengan bilangan-bilangan ganjil. Sebetulnya sih penggunaannya sama dengan angka-angka genap hanya beda di rumus saja. Tentunya jika kita sudah bisa memanipulasi angka-angka genap dan ganjil, laporan-laporan kita bisa lebih mudah dan tidak usah di kerjakan secara manual lagi.

Kalau di bilangan ganjil, pembulatan ke angka ganjil atas terdekat adalah dengan rumus ODD. Jika anda mempunya nilai di cell A1 dan ingin membulatkannya ke angka ganjil atas terdekat. Ketik saja =ODD(A1). Maka hasil dari rumus itu adalah angka ganjil terdekat dengan angka tersebut.

Sama dengan angka genap, di Excel juga terdapat rumus yang mendeteksi apakah itu bilangan ganjil atau tidak. Rumus itu adalah ISODD. Sekali lagi, anda bisa menggunakan rumus IF untuk digabungkan dengan ISODD. ISODD akan menghasilkan TRUE jika angka yang dideteksi adalah ganjil dan FALSE jika genap. Misalnya, jika kita punya angka di cell A1 yang ingin dideteksi apakah itu ganjil atau genap, ketik rumusnya seperti ini =IF(ISODD(A1);"Ya";"Tidak"). Maka ketika dia mendeteksi angka ganjil, rumus itu akan menghasilkan teks Ya dan jika genap akan menghasilkan Tidak.

Anda dapat mengunduh contoh yang saya buat (di Ziddu) untuk rumus ini.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge