Berlibur Ke Gembira Loka

Seperti layaknya kota besar yang lainnya, sebuah kebun binatang juga dimiliki oleh kota Jogja apalagi Jogja adalah kota dengan predikat sebagai kota pariwisata. Kebun binatang tersebut di namai Gembira Loka. Gembira Loka terletak di jalan Gedong Kuning, saya biasa lewat jalan Kusumanegara lalu ke timur terus anda akan menemukan Gembira Loka dengan mudah tinggal belok kanan di plang Gembira Loka yang terlihat jelas, persisnya setelah jembatan yang di cat kuning.

Nah, karena hari minggu kemarin saya libur dan saya ingin mengajak anak semata wayang saya untuk sekali-kali melihat kebun binatang sekalian untuk mengenalkan ke-dia binatang-binatang dalam wujud yang sesungguhnya. Biasa-nya sih dia lihat binatang hanya melalui televisi dan video games (itu pun dalam bentuk animasi…).

Setelah masuk ke area Gembira Loka, saya mencari tempat parkir sepeda motor yang telah di sediakan. Tarif parkir seperti biasanya sebesar Rp.1.000. Lalu saya menuju loket tiket masuk, tiket masuk di hargai Rp.10.000 dan jika anda membawa anak 3 tahun ke atas anda harus membayar satu lagi buat anak anda. Karena saya mengajak anak dan istri, jadi tiket yang harus di bayar adalah Rp.30.000.
Tiket masuk

Setelah memberikan tiket ke petugas di pintu masuk, kita akan di sambut dengan taman bermain (ya.. standard lah ada ayunan dan permainan sejenisnya) di situ ada X-Banner yang berisi tentang wahana baru di Gembira Loka yaitu Flying Fox, saya sih ngga berani coba dengan berat badan segini beratnyam, bisa-bisa bukannya Flying High tapi Laying Fox hehehehe. Ada satu pemandangan yang menarik anak saya di taman itu yaitu ada pesawat terbang jadul yang sekarang sudah jadi ornamen, jadi menjadi tempat menarik untuk foto bersama pesawat tersebut.
Flying Fox
Pesawat

Setelah di taman anda bisa terus ke berjalan menuju sisi kiri taman tersebut untuk masuk ke area kebun binatang. Anda harus menuruni anak tangga dan menyeberangi sebuah jembatan. Setelah jembatan terlewati anda akan di sambut dengan danau yang tidak terlalu besar dan juga sederet pedagang siap menyambut anda di sekitar danau tersebut.
Danau Gembira Loka
Pedagang Gembira Loka

Dari danau tersebut anda tinggal belok kiri dan binatang pertama yang bisa anda jumpai adalah Orang Utan. Lalu sejenis kera lagi (lupa namanya, maklum saya ngga sekeluarga dengan sejenis kera hehehehe). Kemudian ada tapir, buaya, kuda nil, harimau, burung, ular, unta, kuda dan ada beberapa lagi.
Orang utan
Macan
Onta
Merak

Akhirnya capek sudah melanda kami bertiga lalu kami mencari minum sekaligus mencari pintu keluar. Untuk mencapai pintu keluar bersiap-siaplah untuk menyiapkan tenaga dulu karena jarak yang cukup jauh dan ada anak tangga yang agak tinggi siap menghadang anda. Setelah pintu keluar anda akan di sambut dengan pedagang-pedagang kerajinan.

Ya, kalau di tanya sepadan ngga ke sana? Ya, menurut saya sepadan, karena sekarang anak saya bisa tahu bentuk asli binatang-binatang yang selama ini hanya dilihat melalui layar kaca.

Jika anda masih bingung masalah lokasi, download aja file .kmz dibawah ini dan buka di Google Earth.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

2 Komentar

nusan  on April 26th, 2010

makasih atas infony 🙂

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge