Bahasa Pemrograman Paling Banyak Dipakai?

Saya adalah seorang programmer yang biasa menggunakan Visual Basic dan PHP sebagai senjata saya untuk mencari uang dan mengandalkan MySQL sebagai tulang punggung penyimpanan data dari program buatan saya. Seperti yang kita ketahui, hari ini banyak sekali bahasa pemrograman yang dapat kita pilih. Kadang-kadang saya ingin tahu, bahasa apa ya yang paling banyak di gunakan oleh orang di seluruh belahan dunia? Bukan bahasa pemrograman terbaik lho, karena menurut banyak orang tidak ada bahasa pemrograman terbaik karena setiap bahasa mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri-sendiri. Sehingga saya tahu Visual Basic dan PHP ini dimana posisi-nya di rimba bahasa pemrograman yang sejibun banyaknya.

Setelah cari sana-sini saya menemukan situs yang sangat menarik bagi saya. Adalah TIOBE Software yang mengadakan survey untuk setiap bahasa pemrograman dan merankingnya. TIOBE mengumpulkan data dari para expert di masing-masing bahasa, kursus dan pengembang pihak ketiga yang menggunakan bahasa tersebut. Juga, TIOBE menggunakan data dari mesin pencari seperti Yahoo dan Google untuk melengkapi data mereka.

Mereka melakukan pembaharuan data setiap bulan. Dan untuk bulan November inilah rangking 20 besar bahasa pemrograman yang paling banyak di gunakan di dunia ini (sekali lagi bukan bahasa pemrograman terbaik lho…)

Di lihat dari tabel diatas, bahasa pemrograman favorit saya, Visual Basic menempati posisi ke-4 dan mengalami penurunan tren satu posisi dari November 2007 dan PHP mengalami stagnasi, tetap bertengger di posisi rangking 5. Dan Java telah menduduki tahta tertinggi bersama-sama dengan C.

Anda juga dapat melihat tren dari tahun ke tahun dalam bentuk grafik.

Bagi saya, melihat data ini tidak bisa menjadi alasan untuk berpindah ke bahasa pemrograman nomor 1 paling populer tapi alangkah baiknya kita juga tahu, tapi yang paling penting bagaimana kita memaksimalkan ilmu pemrograman pada bahasa yang kita kuasai sehingga kita dapat menghasilkan program yang berkualitas.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

106 Komentar

achmad  on November 6th, 2012

2012 donk gan. 🙂

Bart. Edi  on December 2nd, 2012

@Taufik Akbar: untuk IDE nya anda bisa menggunakan NeatBeans atau Eclipse, mudah koq….

Bart. Edi  on December 2nd, 2012

@Pengetahuan: kebetulan saya juga seorang otodidak di dunia pemrograman ini…

Bart. Edi  on December 2nd, 2012

@dwi: sampai desember 2012 yang paling tinggi bahasa C…

Mira Ardila  on February 28th, 2013

Maaf mau nanya kalo Bahasa pemrograman yang sedang trend dan paling banyak dibutuhkan

vebry  on November 6th, 2013

keren pak edi..
saya mau nanya nih, saya ambil di java. itungannya masi newbie lah..
ane masi bingung tentang databasenya, databasenya mau konek, tapi ane masi bingung gimana caranya kenapa kok data basenya gak mau muncul di table ato combo box..
mohon pencerahannya pak edi 😀

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge