Bagaimanakah Masa Depan MySQL?

Ada berita yang mengejutkan saya hari ini, berita itu adalah Sun Microsystem di beli oleh Oracle! Tentu berita semacam ini memang sudah agak biasa karena krisis global ini. Perusahaan saling merger, perusahaan yang kapital-nya besar membeli yang lebih kecil dan berita-berita semacam itu. Nah, kembali ke berita Oracle membeli Sun Microsystem ini, berita ini selain mengejutkan juga mengkuatirkan saya, kenapa? Karena anda pasti sudah tahu Sun Microsystem menaungi banyak produk yang luar biasa. Dan saya memakai beberapa produk-produk itu.

Produk Sun yang saya pakai adalah:

  1. NetBeans, ini adalah editor PHP kesukaan saya. Selain itu jika anda programmer Java, Ruby dan C/C++, NetBeans adalah IDE yang sangat baik.
  2. MySQL, tentu anda sudah tahu bahwa MySQL sudah mendominasi server-server web hampir di seluruh dunia.
  3. VirtualBox, aplikasi Virtual Machine yang handal dan gratis!
  4. OpenOffice, aplikasi office pengganti Microsoft Office yang sangat handal, dan gratis.
  5. OpenSolaris, distro Linux yang semakin user friendly.
  6. Dan tentu yang satu ini yang akan membuat orang menahan nafas, yaitu Java!

Kalau anda melihat daftar aplikasi dari Sun favorit itu aja, bisa di bayangkan jika perusahaan yang menaungi mereka semua itu di ambil olek raksasa Oracle yang terbiasa menjual aplikasi database dengan harga yang sangat mahal karena sasaran mereka ada kaum enterprise. Memang tidak semua, karena Oracle juga ‘berbaik hati’ dengan menyediakan Oracle XE yang dapat anda unduh gratis, tapi kegelisahaan itu tetap menghinggapi diri saya.

Bayangkan saja jika terjadi jika ada terjadi perubahan ‘angin’ di developing dan policy MySQL. Tentu hal tersebut akan mempengaruhi banyak sekali webserver-webserver yang memakai MySQL yang jumlahnya sudah tidak bisa terhitung itu.

Semoga saja sih, semua tetap pada ‘tempat’-nya dan tetap menyediakan aplikasi-aplikasi yang gratis yang dapat dipakai oleh kita semua. Atau bahkan dengan di belinya Sun oleh Oracle, aplikasi-aplikasi itu menuju arah yang lebih baik.

Kita nantikan saja…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

4 Komentar

Ries  on October 26th, 2009

wah kalau sampai jadi dibeli komunitas pengguna mysql, java, openoffice dan produk opensource SUN lainnya pasti akan kecewa sekali, saya sendiri termasuk pengguna dan penyuka produk SUN, seperti mysql, openoffice dan virtualbox….karena software2 tersebut membantu saya untuk belajar….

parman  on April 3rd, 2010

Semua produk sun microsystem kan open source, mudah2an ada programmer brilian meluncurkan produk turunan yang gratisan pula. let’s pray togather.

Bart. Edi  on April 4th, 2010

@parman: sekarang sun sudah di beli oracle pak…..

AgungC  on September 9th, 2010

Disini ada beberapa alternative buat antisipasi software2 Sun/Oracle diatas
NetBeans = Eclipse
MySQL = PostgeSQL, MariaDB
VirtualBox = QEMU
Open Office = apa yaa… Lotus Symfhony,
Open Solaris = Linux, FreeBSD
Java = Mono Project
Klw mau lbh aman bikin Software sendiri… hehe

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge