Backup iPhoto’08 Library

iphotoKalau anda seorang pengguna Macintosh, tentu iPhoto sudah tidak asing lagi. Aplikasi yang terbundel dengan iLife ini memang sebuah aplikasi photo maanger yang sangat intuitif dan sangat menyenangkan (apalagi yang versi 2008 ini dan ketika saya menulis artikel ini versi iLife 09 sudah keluar). Dan sejak iPhoto’08, Apple mengubah sistem penyimpanan photo-photo yang ada di dalam album iPhoto kedalam sebuah package file. Dan ini membuat teman saya yang seorang photographer (dan seorang pimpinan factory outlet di jogja… ceilee hallo bos ron..) menjadi bingung yang akhirnya meminta bantuan saya untuk melihat masalah ini. Tujuan nya dia, dia membackup library iPhoto-nya.

Ternyata setelah cari-cari, sebetulnya lokasi-nya sangat simpel. Secara default, lokasi-nya ada di folder_home_anda\Pictures\. Nah disana akan di jumpai file iPhoto Library, di situ semua file photo iPhoto tersimpan.

iPhoto library location

Kalau di iPhoto’06, semua file photo di simpan di folder biasa, tapi yang di edisi ’08 di simpan di satu package khusus untuk iPhoto, untuk membuka package-nya anda hanya perlu klik kanan (tekan tombol Ctrl + klik mouse) lalu pilih menu Show Package Contents.

show package contents menu

Karena ukuran file library teman saya ini sebesar 8GB, maka dia ingin menyimpan file photo aslinya saja (tidak package file nya). Maka setelah terbuka package-nya, untuk membackup saya hanya perlu backup dua folder di dalam package itu, yaitu Originals dan Modified.

content package

Dan selesai sudah tugas saya membantu teman saya itu…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Satu Komentar

kevin  on September 10th, 2009

thank you, sempat pusing sama iphoto ini..

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge