Apakah Punya Anda Versi Terbaru?

Hampir 90% dari aplikasi yang ada di komputer saya adalah freeware alias aplikasi gratisan. Dan seperti yang kita ketahui bahwa frekuensi pemutakhiran (update) aplikasi freeware dan open source bisa di bilang sering karena sering kali mereka lebih tanggap akan masukan-masukan pengguna dari forum yang mereka buat. Karena aplikasi gratisan yang ada di komputer saya cukup banyak maka tentu saja saya tidak bisa ‘mengawasi’ apakah ada versi yang terbaru untuk aplikasi-aplikasi saya tersebut. Padahal anda pasti juga tahu betapa pentingnya kita mempunyai versi terbaru dari sebuah aplikasi/software.

Nah, jika anda ingin mendapat informasi-informasi update terbaru dari aplikasi-aplikasi (untuk yang freeware atau yang commercial) yang ter-instal di komputer anda, gunakan saja Update Checker dari Filehippo.com. Filehippo mengutamakan aplikasi-aplikasi yang berkualitas termasuk untuk freeware-nya. Untuk menginstal aplikasi tersebut di dalam komputer anda caranya sangatlah mudah:

  1. Download/unduh dulu installernya.
  2. Seperti biasa, klik ganda file hasil download.
  3. Aplikasi ini membutuhkan .NE Framework versi 2.0, jika di komputer anda belum ada, installer akan mengambilkan nya untuk anda secara otomatis, anda tinggal jawab Yes di kotak konfirmasi. Oya, menurut pengalaman saya, setelah download .NE Framework ini, instalasi akan membutuhkan waktu yang agak panjang sekitar 20 menit untuk instal .NET Framework dan tampilannya seakan-akan komputer baru hang, jadi jangan keburu di tutup dulu, tunggu sebentar.
    Download .NET Framework 2.0
  4. Setelah terinstal, maka Update Checker akan ‘ngendon’ di systray anda dan akan memberitahukan jika ada update-update terbaru untuk aplikasi yang ada di komputer anda.
    Notifikasi
  5. Anda juga bisa mengkonfigurasi Update Checker ini, mana saja aplikasi yang di monitor dan tidak melalui menu Customize results. Dan disana kita dapat mengatur aplikasi mana yang kita sembunyikan jika update dan mana yang tidak.
    Setting
  6. Untuk melihat update terakhir untuk aplikasi-aplikasi kita, tinggal klik kanan ikon Update Checker di systray dan pilih menu View Results.
    Results

Cukup membantu kan?

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

6 Komentar

rizki rahmat  on February 17th, 2009

aku terarik banget ma aplikasi2 internat n aplikasi komputer ini,thanks bat Edi Susanto.karena anda saya bisa belajar banyak masalah aplikasi2 n komputer.

Bart. Edi  on February 17th, 2009

@rizki rahmat: makasih kembali… senang artikel saya bisa sedikit berguna

Tedy  on February 17th, 2009

weh..!! keren dan padat informasi.!!
thanks..atas sharingnya..!! jangan pernah berhenti ya untuk berbagi demi mencerdaskan kehidupan bangsa, hick..hick..kan ada di UUD’45, berarti mas nya udah lakuin butir2 itu

Thanks

Bart. Edi  on February 17th, 2009

@Tedy: Wah, makasih. Saya kan warga negara yang baik hehehee

evelyn  on March 9th, 2009

Yth. Pak Edi;
Pak, untuk mencari aplikasi freeware itu apa Bapak ada site yang bisa di share ?

Thank you!

Bart. Edi  on March 9th, 2009

@evelyn: Hi, evelyn. Untuk hunting freeware saya biasa cari-cari di http://www.download.com lalu saya filter yang freeware aja ato dari blog-blog yang talking about computer. Lalu kalau ada yang menarik perhatian saya, saya pasti posting ke blog ini. Hitung-itung berbagai informasi. Ya, maklum saya sukanya yang gratis-gratis aja 😀

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge