Apakah Bisnis Online Sulit?

Diluar apa yang disebut takdir, melakukan bisnis online adalah seperti melakukan bisnis conventional (baca:offline). Anda menceburkan diri anda setengah badan, hasilnya pun akan setengah badan. Dan kalau anda menceburkan diri anda semata kaki, hasilnya pun tidak akan jauh beda. Dan hukum itu berlaku untuk kedua model bisnis tersebut baik online maupun offline.

Kalau anda menyebut bisnis online gampang, dimana letak kegampangannya? Apakah karena wujud jasmani kita yang hanya duduk dan menghadap komputer jika kita sedang mengerjakan bisnis online? You make a big mistake, bro.

Bisnis internet ini sangat membutuhkan konsentrasi, kesungguhan dan kecerdasan kita dalam mengelola seperti juga jika anda membuka bisnis toko baju misalnya, jika anda tidak mengelola toko itu sungguh-sungguh niscaya kerugian yang akan anda dapatkan.

Lalu modal apa yang kira-kira kita butuhkan untuk menjadi seorang pebisnis online? Dibawah ini adalah point-point yang harus anda persiapkan sebelum membuka lapak online anda di internet:

1. Tema lapak bisnis yang akan dibuka. Mau berbicara tentang komputer, kesehatan, hewan peliharaan, forex, rumah, asuransi atau apa saja. Yang paling penting adalah bidang itu adalah bidang yang anda kuasai. Tanpa penguasaan bidang itu, tentu bisnis anda gampang diterpa badai dan membosankan. Kalau saya boleh usul, hobby anda. Dan poin inilah kalau menurut saya adalah the most important point. Karena saya adalah seorang programmer Visual Basic dan teknisi komputer, maka saya suka sekali menulis tentang programming Visual Basic, SQL dan sekitar ngoprek komputer.

2. Bahasa. Tulis website anda dengan bahasa yang anda kuasai. Jika anda bisa bahasa Inggris tentu hal itu lebih bagus karena target anda luas sekali. Tetapi jika belum jangan menunda sampai anda bisa bahasa Inggris, tulislah dengan bahasa Indonesia dan yakinlah pasti ada cara untuk menghasilkan uang dengan website Indonesia itu.

3. Konsep penghasil uangnya. Apakah melalui direct ads, Google Adsense, Bidvertiser, paid review, member area, ataukan dengan link berbayar. Pilih yang terbaik menurut anda.

4. Komputer. Sediakan komputer dengan spesifikasi yang lumayan, sehingga menunjang kecepatan kerja anda. Pilihlah menurut selera.

5. Koneksi internet. Pilihlah yang mempunyai kecepatan yang responsif. Ini akan menunjang efisiensi waktu anda. Untuk point 4 dan 5 ini sebetulnya bisa diwakili oleh warung internet. Tinggal lihat costs and benefits nya.

6. Bekerjalah tiap hari. Hal inilah yang biasanya di remehkan oleh para pebisnis online. Mereka bekerja kalau ada waktu luang saja. Saran saya sediakan waktu khusus untuk menekuni bisnis ini. Kalau saya, karena saya masih bekerja di siang hari saya menekuni bisnis ini setiap pukul 21.00 sampai 24.00 dan harus disiplin.

7. Asah terus pengetahuan anda tentang dunia internet. Tentu saja anda kan mau mencari uang di dunia itu. Misalnya asah pengetahuan tentang bahasa HTML anda, hal itu akan sangat membantu anda di kemudian hari.

8. Semangat, semangat dan semangat. Seperti halnya bisnis offline, dimana-mana semangat tidak boleh dihilangkan. Tanpa itu anda akan kehilangan energi anda dengan cepat.

Itulah poin-poin yang menurut saya yang paling tidak harus anda punyai sebelum melangkah ke dunia bisnis online ini. Jadi apakah bisnis online ini sulit? Sangat sulit jika anda setengah-setengah dan meremehkannya dalam menjalaninya.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

2 Komentar

kesiniaja.com  on September 30th, 2009

teori sih gampang. emang buat tulisan diatas sudah dapat duit dari bisnis online ???

Bart. Edi  on October 1st, 2009

@kesiniaja.com: maaf pak , kalo terkesan sombong, tapi saya hanya bermaksud membagikan apa yang saya tahu saja. Btw, apakah ada batasan minimum pendaptan seseorang di bisnis internet, sampe boleh tulis artikel semacam ini menurut anda?

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge