Apakah Anda Seorang Yang Penting?

Setiap orang pasti ingin merasa menjadi orang yang penting dan berguna bagi lingkungan sekitarnya. Entah di lingkungan keluarga, kantor, tempat ibadah atau di tempat yang lainnya. Tetapi banyak orang yang menemukan dirinya tidak menjadi sesosok yang berguna dan penting bagi lingkungannya, banyak sekali… Lalu akibatnya apa? Yah… akhirnya dia tidak mau terlibat dalam kegiatan apa pun, merasa minder dan rendah diri (bukan rendah hati lho… kalo yang ini sih harus dimiliki setiap orang) dan yang paling parah adalah dia tidak mau mengembangkan potensi-potensi di dalam dirinya.

Biasanya hal ini dialami oleh orang-orang yang merasa job-nya rendah atau terlihat mempunya porsi yang kecil.

Di dalam salah satu CD rekamannya, James Gwee pernah menceritakan seorang maintenance building division di sebuah hotel di Singapura. Katakan saja namanya Mr.Lim. Mr.Lim menceritakan bahwa dirinya bekerja di hotel itu sebagai tukang periksa engsel pintu apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Dan dia melakukan hal itu sudah selama 25 tahun!!! Betapa membosankan dan terkesan rendahnya pekerjaan itu kalau terlihat sekilas.

James Gwee pun bertanya, “Mr.Lim, apa kamu itu tidak bosan bekerja dengan memeriksa engsel ratusan pintu selama itu?”

Mr.Lim pun menjawab, “James, kamu ngga tau sih, kamu tahu ngga tamu-tamu yang menginap di hotel ini adalah para tamu yang penting, karena hotel ini adalah hotel bintang lima maka tamunya adalah biasanya para pemimpin di perusahaannya. Mereka juga seorang pemimpin di keluarga nya juga. Kalau pintu ini tidak berfungsi dengan benar dan akhirnya ada kejadian sampai pintu itu menimpa tamu itu, bisa kamu bayangkan berapa efek yang ditimbulkan. Bagaimana dengan anak buahnya atau anak dan istrinya kalau sampai dia meninggal gara-gara itu?”

Saya secara pribadi pun cukup terhenyak atas statement dari Mr.Lim tersebut. Lalu saya pikir-pikir agaknya Mr. Lim ini ada benarnya. Kalau dilingkungan kantor, manager sampai cleaning service (yang sering kali di anggap rendah) menurut saya mempunyai posisi yang sama penting. Bayangkan kalau cleaning service tidak ada, lingkungan kerja menjadi kotor dan tidak nyaman maka produktifitas kerja akan turun dan kalaupun dibersihkan oleh staff sendiri bayangkan berapa waktu yang akan terbuang untuk bersih-bersih tersebut.

Maka dari itu jangan pernah merasa rendah diri atau minder akan pekerjaan atau posisi yang kita miliki karena kita memiliki porsi yang penting bagi lingkungan kita selama kita mau bekerja dan memaksimalkan potensi kita.

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge