Apa Sih Yang Menghabiskan HDD Ku?

Ketika kita baru instal Windows pertama kali-nya, tentu hard disk kita belum terisi dengan banyak file-file, baik data maupun aplikasi-aplikasi. Memang sih sekarang ukuran hard disk sangat mengagumkan, di banding dengan hard disk kepunyaan saya pertama kali 14 tahun yang lalu yang hanya berukuran sekitar 100MB an. Tetapi sayangnya ukuran aplikasi dan data baik MP3, video dan lainnya juga berbanding lurus dengan ukuran hard disk yang sekarang. Jadi tidak heran kalo hard disk berkapasitas 250GB pun sekarang cepat sekali terisi.

Dan itu terjadi di hard disk saya, akhirnya saya coba melihat satu persatu folder aplikasi maupun data saya, tapi ternyata hal itu adalah pekerjaan yang sangat melelahkan. Jika saya tahu folder mana yang ‘memakan’ hard disk saya terlalu banyak, tentu saya bisa melakukan langkah selanjutnya. Langkah tersebut bisa berupa di backup ke DVD atau ke external HDD.

Dan hari ini memang banyak sekali aplikasi yang menawarkan fungsi seperti itu, tapi saya mencari aplikasi yang representatif dalam bentuk grafik sehingga saya bisa melihat-nya dengan mudah. Akhirnya saya menemukan HDGraph yang menurut saya sudah sesuai dengan harapan saya.

Menggunakan HDGraph sangat mudah:

  1. Unduh dulu aplikasinya.
  2. Pastikan komputer anda terinstal .NET Framework (hari ini .NET mestinya sudah terinstal sih…), jika anda belum memiliki .NET Framework bisa mengunduhnya di sini.
  3. Setelah di unduh, klik ganda file hasil unduhan tersebut.
  4. Ikuti proses instalasi yang sangat mudah tersebut, hanya klik tombol Next melulu.
  5. Setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi HDGraph melalui Start -> All Programs -> HDGraph.
  6. Sekarang anda tinggal klik drive mana yang ingin di lihat (klik ikon di toolbar), lalu HDGraph akan scan seluruh isi HDD kita.
    Scan isi HDD
  7. Lalu sebuah graphic akan muncul yang akan menampilkan porsi dan struktur semua folder di HDD kita.
    grafik
  8. Cara membaca grafik itu cukup mudah. Kita lihat dulu dari potongan dari tengah ke pinggir. Potongan di pinggir dari sebuah potongan di tengah ada sub-folder nya. Seperti contoh di atas anda bisa melihat system32 berada di pinggir Windows, itu berarti folder system32 adalah sub-folder dari folder Windows. Dan enaknya lagi ukuran semua file di folder tersebut bisa terlihat langsung. Jika anda melihat ada potongan yang tidak ada keterangannya anda bisa mengarahkan kursor mouse anda ke potongan tersebut, maka sebuah pop-up notification akan muncul memberitahukan informasi ukuran isi folder kepada anda.

Anda tinggal lihat aja dari potongan tengah dulu, jika ada ukuran yang tidak wajar, klik ganda aja potongan tersebut, maka HDGraph akan langsung memperlihatkan isi dari folder tersebut, sehingga anda bisa melihat isi folder tersebut.

Saya sangat terbantu dengan aplikasi ini…

Artikel-artikel Yang Berhubungan Dengan Artikel Ini

Satu Komentar

Willy - KL  on April 29th, 2009

Keren juga yang ini..
Selama ini g masi pake TuneUp Utilities 2009 Drive Explorer.

Berikan opini anda tentang artikel ini

CommentLuv badge